Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Cara Atasi Ketegangan Mata Saat WFH

Untuk mengatasi ketegangan mata itu, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 24 September 2020  |  18:25 WIB
Ilustrasi - Digitaltrends
Ilustrasi - Digitaltrends

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak pekerja yang mengeluhkan mata sakit disertai sakit kepala dan kelelahan saat bekerja dari rumah.

Hal ini karena tampaknya sepanjang hari aktivitas dihabiskan hanya dengan menatap layar komputer, laptop, ponsel, hingga televisi. 

Untuk mengatasi ketegangan mata itu, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan seperti dilansir dari Express UK, Kamis (24/9/2020) :

1. Palming

Anda tidak perlu minum obat penghilang rasa sakit untuk mengurangi ketegangan mata. Salah satu teknik untuk mencegah ketegangan mata adalah dengan melakukan palming.

Guru yoga, Phoebe Greenacre menerangkan palming bisa dimulai dengan menggosok kedua tangan dengan kuat selama 10 detik untuk menciptakan panas dan energi di antara telapak tangan. Dengan lembut letakkan telapak tangan di atas mata dan tutuplah mata Anda. Tarik napas dalam-dalam beberapa kali dan hembuskan nafas lebih lama saat Anda mulai rileks.

Rasakan kehangatan dan kegelapan mulai perlahan menenangkan dan mencairkan semua ketegangan di belakang mata Anda. "Biarkan tangan Anda beristirahat di sana sampai kehangatan perlahan menghilang," jelasnya.

2. Berkedip

Trik mudah lainnya adalah berkedip berulang kali selama sepuluh hingga 15 detik. Ini akan menghentikan mata Anda mengering dan mencegah penggunaan berlebihan.

Phoebe mengatakan agar lebih baik duduk atau berdiri tegak. Jaga bahu tetap rileks, leher lurus, dan lihat ke depan. Kedipkan mata dengan sangat cepat selama 10-15 detik. Dengan lembut biarkan mata menutup, tenang, dan melembutkan. “Perhatikan bagaimana perasaan mata. Coba ulangi sekali setidaknya setiap jam," tegasnya. 

3. Zooming

Zooming merupakan salah satu senam mata yang akan memperkuat otot mata Anda. Phoebe berkata duduklah dalam posisi yang nyaman, fokus pada suatu objek di kejauhan dan diam di sana selama beberapa detik. Pindahkan fokus Anda ke objek yang lebih dekat dengan Anda dan tataplah itu selama beberapa detik.

Kemudian pindahkan fokus Anda ke sesuatu yang dekat dengan Anda seperti ibu jari Anda. Membalikkan pandangan - pertama kembali ke objek tengah, lalu objek yang jauh. Ulangi latihan ini beberapa kali selama periode 2 menit.

4. Membentuk angka delapan

Angkat tangan Anda di depan Anda setinggi mata. Rentangkan ibu jari Anda dan fokuslah padanya. Mulailah menggerakkan lengan Anda (tetap lurus) dalam bentuk angka delapan. “Terus telusuri selama 30 detik, lalu ganti arah,” sebut Phoebe.

5. Mata berputar

Untuk membuat eye rolling bermanfaat, Anda harus melakukannya secara teratur. Latihan ini bisa memperkuat otot mata Anda dan meningkatkan bentuk mata Anda.

Kata phoebe, duduk atau berdiri tegak. Jaga bahu Anda tetap rileks, leher lurus, dan lihat ke depan. Lihat ke kanan dan kemudian perlahan-lahan putar mata Anda ke atas ke arah langit-langit. Putar matamu ke kiri, dan dari sana ke bawah menuju lantai. "Lakukan ini searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam," tukasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mata Work From Home
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top