Proses penyiapan makanan bergizi dan higienis untuk tim medis virus corona (COVID-19)./Antara
Health

Perilaku 3M Belum Cukup Tangkal Covid-19, Ini Saran Ahli Gizi

Rinaldi Mohammad Azka
Selasa, 29 September 2020 - 08:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Daya tahan tubuh dan pola asupan makanan menjadi kunci pencegahan penularan virus Covid-19 selain tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M) dari pemerintah.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Cindiawaty Pudjiadi mengatakan budaya mencuci tangan sangat penting saat ini, sehingga penyediaan tempat cuci tangan dan pembersih tangan (hand sanitizer) menjadi wajib, terutama di fasilitas angkutan umum.

"Selain kampanye 3M yang sudah disampaikan oleh pemerintah dan berbagai pihak selama ini, saya juga mengingatkan pentingnya menjaga daya tahan tubuh melalui menjaga pola makan dan memenuhi kebutuhan tubuh," kata Cindy dalam webinar, Senin (29/9/2020).

Dia menuturkan hingga saat ini belum ada obat dan vaksin juga masih dalam proses, sehingga diperlukan upaya untuk menjaga kesehatan tubuh sendiri. Upaya tersebut antara lain, dengan makanan bergizi lengkap seimbang, membatasi gula, makan gorengan, minum 2 liter per hari, berjemur, dan berolahraga.

Pihaknya juga menilai selama ini protokol kesehatan sudah berjalan dengan baik di angkutan umum, melalui kewajiban penggunaan masker, menjaga jarak, serta penyediaan fasilitas cuci tangan.

"Protokol kesehatan sudah berjalan dalam angkutan umum, mungkin perlu ditambah pemakaian face shield akan membantu. Dari daerah muka dan mata kita terlindungi lebih baik," ujarnya.

Lebih lanjut, jika face shield digunakan oleh seluruh pengguna angkutan umum, kecenderungan pengguna untuk menggosok mata atau menyentuh wajah menjadi lebih rendah karena lebih sulit menyentuh wajah. Dengan demikian, potensi risiko penularan semakin berkurang.

Penggunaan face shield perlu dilakukan di angkutan massal seperti kereta rel listrik (KRL), Transjakarta (TJ), Moda Raya Terpadu (MRT), Lintas Rel Terpadu (LRT) hingga JR Connexion dan bus Transjabodetabek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro