Ilustrasi investasi pasar modal
Relationship

Milenial Jangan Takut untuk Berinvestasi

Ika Fatma Ramadhansari
Rabu, 14 Oktober 2020 - 19:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Konsultan keuangan Prita Hapsari Ghozie mengungkapkan investasi bisa dilakukan oleh kaum milenial mulai saat ini.

Menurut Prita banyak keuntungan ketika kita melakukan investasi sejak dini. Prita mencontohkan dengan mengandaikan jika seseorang yang mulai berinvestasi Rp1 juta per bulan pada usia 20 tahun maka diperkirakan hasil investasi pada usia 55 tahun akan menjadi Rp3,83 miliar.

Sementara seseorang yang mulai berinvestasi sebesar Rp4 juta per bulan pada usia 40 tahun, pada usia 55 tahun diperkirakan memperoleh hasil investasi sebesar Rp826,2 juta.

Perhitungan ini berdasarkan asumsi potensi imbal hasil rata-rata produk investasi sejumlah 10 persen per tahun.

"Start small but start now," ungkap Prita saat menjelaskan mengapa untung jika memulai investasi semenjak dini dalam virtual media briefing yang diadakan Tokopedia Rabu (14/10/2020).

Prita membagikan tips melakukan investasi diantaranya sesuaikan tujuan keuangan, apakah akan digunakan untuk dihari tua atau digunakan dalam jangka pendek. Kemudian pahami profil risiko dari jenis-jenis investasi yang ada, pelajari terlebih dahulu. Lalu pilih beberapa jenis aset investasi. Terakhir jangan ikut-ikutan, jangan takut tetapi juga jangan rakus.

Menurut CEO Zapfinance ini ada beberapa kesalahan keuangan yang dilakukan kaum milenial yaitu:
- Rela berutang untuk hal yang tidak esensial padahal hal tersebut bisa didapatkan setelah menabung.
- Dana darurat dianggap tidak penting.
- Senang menunda investasi.
- Berharap pada pekerjaan sampingan.

Menurutnya ada trik mengatur keuangan yang bisa digunakan kaum milenial dengan pendapatnya agar tidak hilang begitu saja. Pisahkan penghasilan kedalam tiga kelompok, 50 persen untuk kebutuhan hidup, 20 persen untuk bermain, dan 30 persen untuk menabung. 30 persen tabungan inilah yang kemudian bisa digunakan untuk investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro