Kentang memiliki banyak manfaat bagi tubuh/Potatoes.com
Health

6 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan

Novita Sari Simamora
Minggu, 18 Oktober 2020 - 03:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kentang adalah makanan pokok dan sangat mudah untuk ditemukan di Indonesia. Kentang termasuk umbi yang bisa mengontrol gula darah Anda.

Mengutip dari Healthline, Minggu (18/10/2020), berikut 6 manfaat kentang untuk kesehatan  Anda:

1. Mengandung Antioksidan

Kentang kaya akan senyawa seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Senyawa ini bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh dengan menetralkan molekul yang berpotensi berbahaya yang disebut radikal bebas.

Radikal bebas menumpuk dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

2. Dapat Mengontrol Gula Darah

Kentang mengandung jenis pati khusus yang disebut pati resisten. Pati ini tidak diurai dan diserap sepenuhnya oleh tubuh. Sebaliknya, ia mencapai usus besar di mana ia menjadi sumber nutrisi bagi bakteri menguntungkan di usus Anda.

3. Dapat Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Pati resisten pada kentang juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Ketika pati resisten mencapai usus besar, itu menjadi makanan bagi bakteri usus yang menguntungkan. Bakteri ini mencernanya dan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek.

Pati resisten dari kentang sebagian besar diubah menjadi butirat asam lemak rantai pendek - sumber makanan yang disukai untuk bakteri usus.

Penelitian telah menunjukkan bahwa butirat dapat mengurangi peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan usus besar dan mengurangi risiko kanker kolorektal. Selain itu, butirat dapat membantu pasien dengan gangguan radang usus, seperti penyakit Crohn, kolitis ulserativa dan divertikulitis.

4. Bebas Gluten Alami

Diet bebas gluten adalah salah satu diet paling populer di seluruh dunia. Ini melibatkan menghilangkan gluten, yang merupakan keluarga protein yang ditemukan dalam biji-bijian seperti dieja, gandum, barley dan gandum hitam.

Jika Anda mengikuti diet bebas gluten, Anda harus mempertimbangkan untuk menambahkan kentang ke dalam diet Anda. Kentang secara alami bebas gluten, yang berarti tidak akan memicu gejala tidak nyaman.

5. Mengenyangkan 

Selain bergizi, kentang juga sangat mengenyangkan. Dalam sebuah penelitian, 11 orang diberi makan 38 makanan biasa dan diminta untuk menilai makanan berdasarkan seberapa mengenyangkannya. Kentang menerima peringkat kepenuhan tertinggi dari semuanya.

Faktanya, kentang dinilai tujuh kali lebih mengenyangkan daripada croissant, yang digolongkan sebagai makanan yang paling tidak mengenyangkan. Kentang juga dapat membantu Anda mengatur atau menurunkan berat badan, karena mengurangi rasa lapar.

6. Sangat Serbaguna

Tidak hanya kentang yang sehat, tetapi juga lezat dan serbaguna.

Kentang bisa disiapkan dengan berbagai cara, termasuk direbus, dibakar dan dikukus. Namun, menggoreng kentang dapat meningkatkan kandungan kalorinya secara drastis jika Anda menggunakan banyak minyak.

Sebagai gantinya, cobalah mengiris kentang lalu panggang di oven dengan sedikit minyak zaitun extra virgin dan taburan rosemary.

Pastikan untuk tidak mengupas kulit kentang, karena sebagian besar nutrisi berada di sana. Ini akan memastikan Anda menerima jumlah nutrisi maksimum dari kentang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro