Ilustrasi/epochtimes
Health

Penyintas Covid-19 Diimbau Vaksin Flu, Ini Manfaatnya

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 10 November 2020 - 13:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para penyintas Covid-19 ternyata tidak kebal akan virus corona, dan bahkan bisa terinfeksi ulang yang kadarnya bisa lebih parah.

Karena itu, mereka yang telah sembuh dari Covid-19 diminta untuk melakukan tindakan pencegahan dan menghindari risiko yang dapat membuat mereka rentan terhadap serangan di masa depan dan masalah medis lainnya.

Perubahan cuaca dan polusi yang tiba-tiba juga dapat menambah kekhawatiran. Meskipun diet dan tindakan pengamanan perlu dilakukan.

Menurut ahli, salah satu pencegahan reinfeksi juga bisa dilakukan dengan mendapatkan vaksinasi flu.

Direktur AIIMS, Dr Randeep Guleria dari India menyebutkan dengan meningkatnya polusi, penurunan suhu dan peningkatan kepadatan selama musim festival, semua orang yang berisiko dan mereka yang menderita 'Covid-19 panjang' harus mendapatkan vaksinasi flu untuk menurunkan keparahan gejala pasca-pemulihan dan juga melindungi dari infeksi flu," ujarnya dilansir dari Times of India.

Berikut alasan kenapa penyintas Covid-19 disarankan vaksinasi flu:

1. Pasca Covid-19 penyintas masih bisa mengalami kesulitan bernafas

Pasca Covid-19, lebih dari 70% pasien yang sembuh mengalami efek samping yang berkepanjangan. Pasien dapat terus menunjukkan gejala termasuk batuk, pilek, demam, nyeri badan, dan gejala flu, lama setelah sembuh dari Covid-19. Dalam beberapa kasus, sesak napas dan infeksi dada juga bisa dialami.

Beberapa juga membutuhkan dukungan tambahan, misalnya memanfaatkan fasilitator oksigen dan konsentrator. Semua ini adalah tanda gangguan pernapasan dan umumnya terkait dengan komplikasi flu. Mendapatkan vaksinasi flu dapat membantu mengurangi keparahan komplikasi pasca Covid-19 dan mempercepat pemulihan.

2. Cara kerja suntikan Vaksinasi flu

Suntikan flu atau suntikan influenza tahunan adalah dosis vaksin yang dikembangkan untuk melindungi orang dari influenza dan penyakit terkait. Vaksin mengalami peningkatan setiap tahun, yang juga bekerja melawan mutasi. Biasanya, permintaan vaksin flu ini meningkat saat musim dingin.

3. Penurunan suhu dapat memperpanjang gejala Anda

Ada masalah lain yang dihadapi di sini. Meskipun musim dingin adalah waktu yang ideal untuk lonjakan kasus Covid-19, ini juga dapat memperpanjang gejala dan tanda pasien yang baru pulih dari Covid-19.

Pencegahan lainnya adalah menipisnya tingkat kualitas udara. Polusi adalah penyumbang besar C. Sebuah studi Lancet menemukan bahwa polusi udara bertanggung jawab atas kenaikan rata-rata 11% tingkat keparahan dan kematian Covid-19 di seluruh dunia. Itu juga alasan mengapa kota seperti Delhi mencatat lonjakan yang mengkhawatirkan dalam gelombang ketiga infeksi Covid-19.

Oleh karena itu, suntikan flu, yang memerangi infeksi virus dapat melindungi Anda dari penyakit tambahan dan gejala flu atau flu yang lebih rendah saat ini. Selain itu juga dapat mengurangi masalah gangguan pernafasan kronis yang umumnya dihadapi saat ini.

4. Siapa yang harus mendapat vaksinasi flu sekarang?

Dokter merekomendasikan bahwa orang-orang dari segala usia harus mendapatkan vaksinasi tepat waktu - terutama mereka yang berisiko. Wanita hamil, bayi, anak-anak, orang yang berusia 65 tahun ke atas dan mereka yang memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya dianggap berisiko lebih tinggi dan karenanya lebih sering direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin daripada yang lain.

5. Tembakan flu juga dapat mengurangi tingkat Covid-19

?Bahkan bagi mereka yang sejauh ini aman dari paparan Covid-19, suntikan flu dapat bertindak sebagai perisai yang dapat dicegah saat ini, melindungi mereka tiga kali lipat dari COVID-19, polusi, dan suhu musim dingin.

Sejumlah penelitian menunjukkan kemampuan suntikan flu dalam mengurangi keparahan infeksi COVID. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ScienceDirect juga menunjukkan bahwa vaksinasi yang efektif dapat membangun kekebalan bawaan dan bahkan dapat mengurangi risiko komplikasi pernapasan yang terkait dengan pandemi.

Vaksinasi yang tepat waktu juga dapat mengurangi tingkat rawat inap dan menghemat sumber daya bagi mereka yang membutuhkan dalam jadwal saat ini. Suntikan flu mungkin bukan alat paling efektif yang menjamin perlindungan Anda saat ini, tetapi itu pasti bisa mengecilkan risiko terkena risiko infeksi tambahan.

6. Vaksin flu memperkuat kekebalan Anda

?Suntikan flu juga dapat bekerja untuk membangun kekebalan alami dalam tubuh. Sebuah penelitian berskala luas yang dilakukan di Brasil pada bulan-bulan awal pandemi menemukan bahwa vaksinasi yang tepat waktu dapat mengurangi tingkat keparahan infeksi dan tingkat rawat inap pada orang tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro