Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Tanda Tempat Kerja Anda Tidak Sehat

Anda mungkin merasa lelah karena kurangnya motivasi di tempat kerja, disertai dengan tidak adanya keseimbangan kehidupan pribadi dan kerja.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 10 November 2020  |  11:18 WIB
Ilustrasi - Candornews
Ilustrasi - Candornews

Bisnis.com, JAKARTA - Tak bisa dipungkiri bahwa ada karyawan yang mengalami penurunan motivasi selama bekerja karena tempat kerja  yang beracun, disertai kepercayaan diri yang rendah dan stres yang meningkat.

Lingkungan pekerjaan yang beracun bisa menumbuhkan stres, kepercayaan diri dan moral yang rendah, persaingan yang tidak sehat, hal-hal negatif dan banyak lagi. Ini bahkan dapat menyusup ke dalam kehidupan pribadi Anda, sehingga menghancurkan kedamaian dan stabilitas mental Anda.

Mengutip dari Times of India, Selasa (10/11/2020) berikut tanda-tanda tempat kerja yang beracun:

1. Komunikasi yang buruk

Komunikasi adalah aspek paling penting dalam bidang apa pun yang membutuhkan perhatian penuh.

Jika ada gosip tidak sehat yang tidak signifikan dan pesan tersebar di tempat kerja, itu dapat menyebabkan tindakan yang salah arah, kurangnya kejelasan seputar proyek, kebingungan terus-menerus, dan yang paling penting, menimbulkan situasi agresif.

2. Pengecualian yang tidak perlu

Grup di tempat kerja bisa sangat meyakinkan selama masa-masa kantor yang sulit, tetapi ketika karyawan mulai menunjukkan perilaku seperti sekelompok teman remaja, maka itu berubah menjadi sangat beracun. Pembentukan klik, ucapan buruk yang tidak sehat, dan penyebaran rumor di belakang punggung, gosip dan pengucilan seseorang dari suatu kelompok dapat menjadi tanda-tanda lingkungan komunikasi yang beracun dan buruk.

3. Kepemimpinan yang buruk

Kita semua tahu apa arti bos yang mengerikan dan tempat kerja yang mengerikan. Jika atasan Anda terus mengomel, menurunkan motivasi, dan terus memberikan tekanan kuat pada bawahannya setiap saat, maka atasan benar-benar perlu diperiksa oleh departemen SDM perusahaan.

Mungkin atasan Anda selalu merusak keputusan Anda, memberikan komentar buruk dan juga memperlakukan Anda dengan tidak hormat.

4. Tenaga kerja yang tidak termotivasi

Jika rekan kerja Anda tidak suka melakukan pekerjaannya tepat waktu atau suka menunda-nunda di tempat kerja, maka hal itu perlahan-lahan dapat merugikan Anda.

Perilaku demotivasi mereka secara halus dapat menunjukkan bahwa Anda memikul semua tanggung jawab, hanya agar pekerjaan dapat terus berjalan.

Anda mungkin merasa lelah karena kurangnya motivasi di tempat kerja, yang merupakan alasan utama rendahnya efisiensi dan produktivitas di tempat kerja.

5. Tidak ada pertumbuhan

Tempat kerja yang ideal harus memberikan banyak kesempatan kepada karyawannya, memberikan tempat pelatihan dan bimbingan yang lebih baik di setiap tahap untuk meningkatkan komunikasi dan kemahiran di tempat kerja.

Namun, jika kantor Anda kekurangan lingkungan ini, dan tidak menawarkan mobilitas atau peluang pertumbuhan apapun, maka karyawan mungkin merasa mandek, tidak dapat berkembang dalam karier mereka.

6. Tidak ada keseimbangan kehidupan kerja

Jika Anda terus-menerus menerima email di tempat kerja, bahkan saat itu adalah hari libur Anda, mungkin inilah saatnya untuk mengatasi masalah tersebut.

Anda tidak boleh merasa bersalah karena tidak dapat menjawab panggilan kantor atau membalas email kantor saat Anda sedang beraktivitas bersama keluarga. Penting untuk membedakan antara kehidupan profesional dan pribadi Anda.

Jika kantor Anda tidak mengizinkan Anda mengambil setidaknya beberapa hari cuti untuk liburan sepanjang tahun dan membuat Anda sibuk dengan pekerjaan, Anda perlu menetapkan batasan untuk diri sendiri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pekerja Tips Kerja bekerja dari rumah
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top