Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bagaimana Mempersiapkan Anak untuk Tes Covid-19

Meskipun anak-anak memiliki peluang lebih rendah untuk tertular infeksi, mereka masih harus menjalani tes untuk mengetahui kondisi tubuh mereka.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 10 November 2020  |  19:33 WIB
Anak memakai masker
Anak memakai masker

Bisnis.com, JAKARTA - Melakukan tes COVID-19 tidak menyenangkan bagi siapa pun. Untuk anak-anak kecil, itu bisa menjadi lebih menakutkan.

Meskipun anak-anak memiliki peluang lebih rendah untuk tertular infeksi, mereka masih harus menjalani tes untuk mengetahui kondisi tubuh mereka.

Namun, melakukan tes Covid-19 pada anak-anak bisa sedikit lebih berat. Mereka akan ketakutan, seperti biasanya melihat dokter.

Ketika tes, mereka akan ketakutan melihat petugas medis mengenakan perlengkapan APD, bisa membuat ketakutan mereka bertambah.

Itulah sebabnya, penting bagi orang tua untuk meredakan ketakutan mereka dan memastikan mereka merasa aman. Berikut beberapa tips yang bisa mempersiapkan anak Anda untuk menjalani tes COVID, tanpa repot dan membuat mereka merasa nyaman.

1. Persiapkan mereka dengan berbagi informasi

Anak-anak memiliki imajinasi yang jelas pada tempatnya dan pada saat-saat seperti ini, dalam waktu singkat ia dapat berubah menjadi pikiran-pikiran yang negatif dan penuh kecemasan. Demi keselamatan mereka sendiri, anak-anak perlu diberi tahu tentang kondisi di sekitar mereka.

Gunakan pendekatan ramah anak untuk membuat mereka belajar tentang krisis, bagaimana tes membantu dan apa yang perlu mereka lakukan untuk melindungi diri mereka sendiri. Tetap jujur, jangan mengarang cerita dan berpegang pada fakta. Jangan menggunakan terlalu banyak informasi negatif, yang dapat membuat mereka takut.

2. Didik mereka tentang alat

Mereka yang melakukan tes COVID mungkin akan mengenakan baju, dan menggunakan Q-tip besar untuk mengambil sampel. Ini bisa menakutkan bagi anak kecil. Sebelum Anda menjadwalkan tes, didik mereka tentang manfaat dan penggunaan alat, dan apa yang mereka lakukan. Karena tes baru ini juga bisa membuat tidak nyaman, mempersiapkan anak sebelumnya dapat mencegah mereka menangis atau serangan panik sesudahnya.

Anda juga dapat melatih anak-anak untuk menarik napas dalam-dalam atau melihat ke atas, untuk mengalihkan rasa takut.

?3. Alihkan perhatian anak-anak untuk meredakan ketakutan mereka

Untuk anak-anak yang takut tertusuk jarum, bahkan melihat alat tes COVID saja sudah cukup untuk membuat mereka gugup. Menunggu dalam antrian untuk menyelesaikan tes dapat membuat mereka cemas juga. Gunakan waktu ini untuk mengalihkan perhatian mereka, memainkan permainan yang menyenangkan atau melibatkan mereka dalam pemikiran lain yang akan membuat mereka tidak terlalu khawatir. Memutar musik di latar belakang juga dapat membantu.

4. Buat mereka duduk dengan nyaman

Melakukan segala jenis pengekangan atau memaksakan protokol pada anak-anak tidak akan membuat mereka nyaman. Pemaksaan juga dapat memengaruhi hasil medis, dan membuat mereka stres secara tidak perlu. Jika si kecil merasa takut atau cemas, duduklah di sampingnya, lingkarkan lengan Anda di sekelilingnya saat usapan sedang diberikan.

Anak kecil juga bisa duduk di pangkuan orang tua mereka. Peluk dan hibur mereka setelah ujian selesai. Strategi ini juga dapat berguna selama kunjungan dokter lainnya dan jadwal vaksinasi.

5. Puji anak Anda bahwa mereka melakukannya dengan baik

Ingat, tidak mudah bagi seorang anak untuk tetap tenang di tengah pandemi ketika semua orang di sekitarnya tampak berubah. Anak-anak juga lebih mungkin mengalami beban masalah kesehatan mental akibat krisis. Bersiaplah secara emosional, positif dan pujilah mereka karena telah menyelesaikan tes, atau mematuhi aturan karantina. Lebih dari itu, jika Anda membuat proses pengujian 'lebih mudah' pada mereka, mereka cenderung tidak stres tentang masa depan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona parenting
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top