Seorang perempuan mengalami kehilangan indera penciuman atau anosmia/Youngandraw
Health

Awas, Virus Corona Semakin Menular dan Hilang Kemampuan Penciuman Jadi Gejala

Novita Sari Simamora
Senin, 16 November 2020 - 14:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selain batuk, kini kehilangan kemampuan mencium atau anosmia menjadi gejala terinfeksi virus corona (Covid-19).

Ahli Bedah Umum AS Jerome Adams mengungkapkan bahwa virus corona sangat menular. Dia mengungkapkan bila Anda mengalami gejala batuk atau pilek maka segeralah menghubungi tenaga medis.

"Satu gejala gejala orang yang benar-benar terinfeksi Covid-19 dibandingkan dengan flu adalah hilangnya rasa atau bau," kata Adams.

Berdasarkan survei yang dilakukan, dari 187 orang di Italia yang terinfeksi virus corona, sebanyak 113 mengalami perubahan indera penciuman. Penelitian yang dipublikasikan di JAMA Otolaryngology – Head & Neck Surgery, menunjukkan bahwa orang yang mengalami penurunan kemampuan indra penciuman mengalami pemulihan hingga 1 bulan.

"Hampir 90 persen orang yang kehilangan indra penciuman saat terinfeksi Covid-19 membaik atau pulih dalam waktu satu bulan. Penelitian di Italia, menemukan 49 persen pasien mendapatkan kembali indra penciuman mereka dalam sebulan,” seperti dikutip dari eathis.com, Senin (16/11/2020).

Namun, ada 10 persen disurvei memiliki gejala anosmia dan bahkan mengalami pemburukan dalam sebulan. Para ahli memperingatkan ratusan ribu orang bisa menghadapi masalah jangka panjang selama pandemi.

Satu perbedaan lain antara virus corona dan flu yakni Covid-19 menyebar lebih jauh dan lebih mudah daripada flu, dan itu menyebabkan penyakit yang jauh lebih serius pada beberapa orang.

Adams kembali memperingatkan agar setiap orang kembali melakukan pengujian jika kehilangan indra perasa atau penciuman.  Dia menyarankan kepada masyarakat agar tetap mengenakan masker, cuci tangan dan seringlah mendisinfeksi permukaan yang biasa disentuh, dan perhatikan jarak Anda dari orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro