Nyamuk Aedes aegypti di Laboratorium Oxitec di Campinas, Brasil (2/2/2016). Virus Zika menular melalui gigitan nyamuk Aedes. /Reuters
Health

Tips Menggunakan Semprotan Anti Serangga untuk Anak

Krizia Putri Kinanti
Senin, 23 November 2020 - 17:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anda pasti tidak sabar untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak-anak Anda dengan mengajak mereka piknik ke taman (atau di halaman belakang rumah) atau untuk petualangan luar ruangan.

Anak-anak Anda bisa mendapatkan keuntungan dari bermain di luar ruangan dan harus menikmati keindahan alam. Tetapi, ketika alam menjadi terlalu banyak dan nyamuk, kutu, dan lalat serta hama lain keluar dan bergabung dengan Anda, itu bisa sangat tidak nyaman bagi Anda dan anak-anak.

Anda ingin menjaga anak-anak Anda aman dan terlindungi, tetapi pada saat yang sama Anda ingin mereka bersenang-senang, jadi bagaimana Anda memastikan anak Anda tetap aman dari hama-hama yang mengganggu di luar ruangan? Mudah!

Dengan menggunakan pengusir serangga! Namun jika Anda tidak yakin apa yang harus Anda cari saat membeli semprotan serangga untuk anak-anak, kami siap membantu. Dikutip dari Parenting.firstcry.com, Senin (23/11/2020), berikut cara pakai semprotan hama yang aman

Apakah Semprotan Bug Aman untuk Bayi?

Sesuai dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), semprotan serangga tidak boleh digunakan untuk bayi di bawah usia 2 bulan. CDC merekomendasikan orang tua untuk menjauhkan pengusir serangga dari bayi yang berusia kurang dari 2 bulan. Ini karena semprotan serangga bisa sangat berbahaya untuk paru-paru dan kulit sensitif mereka.

Namun, ada solusi lain yang bisa dicoba oleh orang tua dari bayi. Untuk melindungi si kecil dari gigitan serangga, Anda bisa mendandani mereka dengan pakaian yang benar-benar menutupi area yang terbuka di kaki dan lengan. Saat si kecil berada di kereta dorong, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kelambu tembus pandang untuk menutupi area yang terbuka.

Amankah Menggunakan Semprotan Serangga pada Balita dan Anak-Anak?

Ya, sebagian besar semprotan serangga aman digunakan pada balita dan anak-anak. Tetapi semprotan serangga harus digunakan hanya sekali sehari. Jika memilih pengusir nyamuk berbahan dasar kimia, pilih pengusir nyamuk dengan konsentrasi bahan kimia rendah untuk menghindari efek berbahaya dari semprotan serangga pada bayi dan anak-anak. Baca juga labelnya untuk melihat apakah anak Anda alergi terhadap bahan apa pun dan periksa apakah pengusirnya aman untuk si kecil.

Anda juga dapat memeriksa label untuk mengetahui apakah ini adalah pengusir serangga yang tepat untuk balita dengan kulit sensitif.

Jenis Semprotan yang Aman untuk Anak

Dari semprotan dan aerosol hingga cairan, tongkat, dan krim, pengusir serangga yang efisien tersedia dalam berbagai bentuk dan kebanyakan aman untuk bayi yang berusia di atas 2-3 bulan. Untuk bayi yang berusia di bawah 2 bulan, sebaiknya tidak menggunakan pengusir serangga pada mereka. Namun, untuk menjauhkan serangga, Anda bisa meletakkan jaring serangga di sekitar keranjang bayi atau kereta dorong bayi.

Tips Menggunakan Bug Spray Dengan Aman

Berikut beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan menggunakan obat nyamuk atau semprotan serangga pada anak:

-Semprotkan pengusir serangga hanya di area terbuka karena Anda dan anak Anda tidak boleh menghirup semprotannya. Selain itu, jangan menyemprotkan pengusir serangga di dekat makanan.

-Oleskan DEET dan pengusir serangga lainnya hanya pada kulit atau pakaian yang terbuka tetapi jangan di bawah pakaian.

-Jangan gunakan formulasi apapun di dekat mulut atau mata anak Anda, dan hindari mengaplikasikannya pada area yang terinfeksi, luka, atau pada kulit yang teriritasi.

-Cara terbaik adalah menyemprotkan pengusir serangga ke tangan Anda terlebih dahulu, lalu mengoleskannya pada kulit anak sehingga Anda tidak menyemprotkannya ke wajah anak.

-Jangan sekali-kali menyemprotkan langsung ke wajah atau tangannya karena anak-anak dapat menggosokkan tangan ke mata dan mulut.

-Setelah anak Anda kembali dari luar ruangan, cuci tangan dan wajahnya dengan sabun dan air dan cuci pakaian dengan repellents sebelum dipakai kembali.

-Yang terpenting, ikuti instruksi yang diberikan pada pengusir nyamuk sebelum mengaplikasikannya pada anak.

-Jika anak Anda menunjukkan reaksi alergi atau memiliki kulit yang teriritasi, hentikan penggunaan repellent.

Lain kali Anda pergi keluar dengan anak-anak Anda untuk piknik di luar ruangan yang menyenangkan, jangan biarkan serangga mengganggu waktu Anda! Bawalah semprotan serangga yang ramah anak dan biarkan anak-anak Anda bersenang-senang dan bebas serangga menjelajahi alam bebas!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro