Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 12 Efek Menyimpan Dendam Dalam Kehidupan

Dengan menyimpan dendam terhadap seseorang, Anda membiarkan orang yang beracun memiliki kehadiran yang tidak pernah berakhir dalam hidup.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 24 November 2020  |  14:36 WIB
Marah - boldsky.com
Marah - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Ada kalanya kita akhirnya mengalami konflik dengan orang terdekat dan akhirnya mempengaruhi kita dalam banyak hal. Seseorang mungkin mengalami patah hati dan dengan demikian emosinya bisa berubah menjadi pahit. 

Tidak hanya itu, Anda juga mungkin melarang diri Anda sendiri untuk memaafkan orang yang mengatakan hal-hal pahit dan menghancurkan hati Anda. Merasa sedih, marah, dikhianati, pahit dan kesal pun muncul pada saat yang bersamaan. Meskipun ingin menghilangkan perasaan pahit dan dendam, Anda mungkin tidak dapat melakukannya, karena kejadian tersebut sangat menyakiti.

Tapi tahukah Anda bahwa menyimpan dendam sama sekali bukan hal yang baik untuk dilakukan? Berikut alasannya seperti dilansir dari Boldsky, Selasa (24/11/2020). 

1. Menyimpan dendam berarti mengingat kembali kenangan pahit dan membiarkan emosi negatif menguasai pikiran dan hati Anda. 

2. Tidak ada bijak dalam mengganti kebahagiaan, cinta dan kepositifan dengan kebencian dan perasaan beracun. 

3. Hidup ini terlalu singkat untuk merasa kesal atas sesuatu yang menyakiti perasaan Anda dan membuat Anda merasa sengsara.

4. Dengan menyimpan dendam terhadap seseorang, Anda membiarkan orang yang beracun memiliki kehadiran yang tidak pernah berakhir dalam hidup. Anda membuat orang itu tetap hidup dalam pikiran sadar Anda. 

5. Anda terus menerus menyakiti diri sendiri dengan memperhatikan saat-saat yang dibenci dari lubuk hati Anda yang paling dalam. 

6. Menyimpan dendam tidak kurang dari menghilangkan kenangan mengerikan dan menghantui dari sesuatu yang menghancurkan hati Anda. 

7. Anda mengulang kembali kenangan pahit dan kesal itu berulang kali dan membuang-buang emosi Anda. 

8. Anda menyakiti diri sendiri lebih lanjut dengan melalui kata-kata pahit, insiden, dll. Dengan melakukan itu, Anda tidak membiarkan diri Anda bergerak dan fokus pada hal-hal positif. 

9. Memikirkan kejadian-kejadian yang menyebabkan Anda kesakitan dan membuat Anda merasa sengsara, menyebabkan Anda stres dan dapat mempengaruhi kesehatan mental Anda. 

10. Dendam menyakiti Anda lebih dari orang yang tidak lagi Anda ajak bicara. Orang lain mungkin tidak menyadari bahwa Anda masih belum bisa move on meskipun Anda telah memutuskan hubungan satu sama lain. 

11. Ketika Anda menyimpan dendam terhadap seseorang, Anda lah yang paling terpengaruh. Ini karena orang lain sudah pindah tetapi Anda masih belum bisa move on

12. Anda mungkin tidak perlu berdebat dengan seseorang yang Anda cintai. Ini akan semakin merusak persamaan Anda dengan orang-orang dalam hidup Anda.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

marah tips bahagia
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top