Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Cara Melepas Masker yang Aman dari Virus Corona

Masker menjadi benteng utama untuk melindungi diri dari virus corona. Apakah Anda sudah menggunakan masker dengan tepat?
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 28 November 2020  |  17:47 WIB
Masker kain Aruna
Masker kain Aruna

Bisnis.com, JAKARTA - Usai mengenakan masker kain, maka segeralah melepaskannya dan letakkan di wadah yang tertutup atau masukkan ke dalam kantong plastik yang  telah selalu Anda bawa.

Mengutip dari Science Amerika, ada temuan  bahwa masker yang telah dikenakan sangat mungkin didapati adanya  virus corona dengan tingkat yang sangat tidak terdeteksi pada kain setelah dua hari. 

Maka solusi yang paling tepat usai mengenakan masker kain adalah membasuh masker hingga  basah dan mencuci menggunakan sabun. Mencuci dengan sabun, bisa membunuh virus-virus dan bakteri yang ada di masker.

Adapun waktu yang efektif untuk menggunakan masker yakni selama 4 jam. Bila Anda sedang beraktivitas di luar rumah, maka setiap 4 jam segeralah ganti masker Anda dengan masker cadangan yang  Anda bawa.

Kenapa perlu mengganti masker setiap 4 jam? Ahli kesehatan Rekha Tailor mengatakan masker menutupi kulit dan menciptakan lingkungan yang hangat dan lembab dan mengurangi aliran oksigen ke kulit serta menghasilkan penumpukan kulit dan jerawat.

Selain itu, faktor air liur dan sekresi hidung ditahan di dalam masker untuk waktu yang lama dan dalam kontak dekat dengan kulit juga dapat meningkatkan bakteri yang terpapar kulit. "Akhirnya menyebabkan berjerawat, komedo hitam, dan bruntusan," ungkapnya.

Kini, para ahli juga menyarankan untuk mencuci masker dengan air panas 40 derajat, atau 60 jika perlu. Lalu gunakan deterjen dan jangan gunakan pelembut kain karena dapat merusak bentuk masker. Setelah itu, biarkan masker kering secara alami, tanpa menggunakan pengering mesin.

"Bisa juga merendam masker dalam air sabun, panas, tetapi jangan sampai mendidih selama 10 menit. Lalu bilas dengan baik dan keringkan di luar. Selalu keringkan secara terpisah di lingkungan yang bersih," tuturnya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona masker Covid-19 pandemi corona Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top