Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Jepang Tetapkan Kriteria Pasien Rawat Inap Virus Corona

Pemerintah pusat Jepang tampaknya meminta kepada pemerintah provinsi untuk menetapkan kriteria pasien virus corona (Covid-19) yang harus dirawat inap.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 04 Desember 2020  |  19:01 WIB
Petugas medis mengenakan alat pelindung diri mendorong ranjang beroda tempat pasien berstatus dalam pengawasan corona menuju ruang isolasi RSUD dr. Iskak di Tulungagung, Jawa Timur, pada Jumat (13/3/2020). - Antara
Petugas medis mengenakan alat pelindung diri mendorong ranjang beroda tempat pasien berstatus dalam pengawasan corona menuju ruang isolasi RSUD dr. Iskak di Tulungagung, Jawa Timur, pada Jumat (13/3/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan Jepang tampaknya akan merekomendasikan agar pemerintah provinsi menetapkan kriteria bagi pasien Covid-19 yang dirawat inap di rumah sakit sebagai upaya meringankan beban institusi medis yang semakin meningkat.

Sebagai contoh, kementerian tersebut merujuk sebuah sistem agar diterapkan oleh pemerintah provinsi Kanagawa pada bulan ini. Provinsi tersebut memastikan 13.125 kasus hingga Kamis (3/12/2020), yaitu ketiga terbanyak di Jepang menyusul Tokyo dan Osaka.

Melansir NHK pada Jumat (4/12/2020), inisiatif tersebut akan memberikan poin bagi faktor-faktor seperti usia dan penyakit yang sudah ada sebelumnya yang dianggap berpengaruh dalam membuat gejala Covid-19 menjadi parah.

Pasien dengan total poin di atas tingkat tertentu akan dirawat inap terlebih dahulu. Pasien dengan poin di bawah batasan tertentu akan harus tinggal di rumah atau di fasilitas yang ditetapkan jika dokter memutuskan mereka tidak perlu dirawat inap.

Metode ini diperkirakan dapat mengurangi jumlah pasien rawat inap baru menjadi kurang dari separuh angka yang diperkirakan bila tidak menggunakan sistem tersebut.

Kementerian kesehatan juga akan meminta pemerintah provinsi untuk mencari fasilitas rehabilitasi bagi mereka yang memenuhi kriteria untuk dapat keluar dari rumah sakit, tetapi tidak dapat melanjutkan kehidupan di rumah akibat berkurangnya kemampuan fisik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang Virus Corona Covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top