Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Alasan Kenapa Harus Makan Pisang Setelah Berolahraga

Pisang mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dan juga merupakan sumber protein yang sangat baik.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 07 Desember 2020  |  19:48 WIB
Buah pisang - Istimewa
Buah pisang - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pisang menjadi salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi masyarakat setelah berolahraga. Kaya akan serat, mudah dicerna dan dikemas dengan nutrisi penting, menjadi alasan mengapa buah berwarna kuning ini menjadi favorit.

Cara termudah dan nyaman adalah memakan pisang secara utuh. Namun Anda bisa menjadikannya sebagai smoothie atau memakan buahnya dengan yoghurt. Adapun yang terpenting jangan menambahkan gula ke dalam smoothie dan selalu konsumsi yogurt tanpa pemanis agar tetap sehat.  

Melansir Times of India, Senin (7/12/2020), setidaknya ada 4 manfaat yang bisa didapatkan saat mengonsumsi pisang setelah berolahraga. Berikut daftar manfaatnya :

1. Membantu tubuh mendapatkan lebih banyak protein

Pisang mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dan juga merupakan sumber protein yang sangat baik. Mengkonsumsi buah ini setelah sesi latihan yang intens dapat membantu pemulihan otot dengan cepat. Dipercaya bahwa karbohidrat membantu meningkatkan kemampuan otot untuk menyerap protein, yang pada gilirannya membantu membangun otot.

2. Dapat mengurangi peradangan

Selain karbohidrat dan protein, pisang juga mengandung senyawa seperti dopamin dan polifenol. Ilmuwan menyarankan bahwa karbohidrat dan kedua senyawa ini bersama-sama dapat membantu mencegah nyeri otot yang disebabkan oleh olahraga yang berlebihan. Ini membantu Anda pulih lebih cepat sebelum sesi latihan Anda berikutnya

3. Memperbaiki otot yang rusak

Makan makanan kaya karbohidrat segera setelah berolahraga memudahkan sel otot untuk mengisi kembali simpanan glikogennya. Pisang kaya karbohidrat yang dapat dicerna membantu mempercepat laju pembentukan glikogen otot dalam tubuh dan membangun kembali otot yang rusak lebih cepat.

4. Meningkatkan Imunitas

Olahraga yang intens sering kali menekan kesehatan imun kita untuk sementara waktu. Makan pisang kaya antioksidan setelah berolahraga dapat membantu memulihkan fungsi kekebalan tubuh yang sehat. Selain itu, senyawa bioaktif lain yang ada dalam pisang seperti biogenic amine, fenolat, dan karotenoid dapat mendukung kesehatan kekebalan tubuh.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan pisang tips sehat
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top