Petugas medis menunjukkan alat tes cepat (rapid test) COVID-19 buatan dalam negeri di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (9/7/2020). Pemerintah meluncurkan alat tes cepat COVID-19 yang diberi nama RI-GHA Covid-19 dan menargetkan dapat diproduksi sebanyak 200 ribu rapid pada Juli dan 400 ribu di Agustus 2020. ANTARA FOTO/Arnold
Health

Perbandingan Harga Rapid Test Antigen di RS, Klinik, Bandara dan Ecommerce

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 17 Desember 2020 - 10:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pelayanan tes covid-19 berupa test antigen kini sudah banyak alternatif yang bisa digunakan.

Selain di rumah sakit, klinik, laboratorium, juga tersedia di bandara Soekarno Hatta, hingga dijual umum secara bebas di ecommerce. 

Dengan lebih banyak pilihan alternatif ini, maka Anda bisa bebas memilih lokasi dimana akan melakukan rapid test. 

Terutama, setelah ada kebijakan wajib rapid tes antigen yang diberlakukan ke sejumlah wilayah termasuk Bali dan Jakarta. 

1. Bandara Soekarno Hatta

Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Tangerang Banten menyediakan layanan rapid test untuk corona.

Tes yang disediakan mulai tipe rapid test antigen hingga PCR swab. Dikutip dari akun instagram Airport Health Center, mereka menawarkan tes berupa rapid test antibodi, rapid test antigen, dan PCR. Ada juga layanan ID Now.

PCR Test Drive Thru ini, tersedia di Airport Health Center area parkir Terminal 3 Domestik Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Swab Antigen dan Rapid Test Covid 19 ini dilakukan di dalam mobil Anda.

Alur dan durasi layanan Rapid Test Antibody dan Antigen, memakan waktu pemeriksaan kurang lebih 30 menit.

Alurnya dimulai dari pendaftaran dengan menggunakan e-hac, kemudian pembayaran dengan metode non tunai, kemudian pemeriksaan dengan waktu maksimal 5 menit. 

Untuk hasil atau validasi tes rapid antibodi dan antigen memakan waktu 15 menit sejak pemeriksaan.

Sedangkan untuk tes PCR maksimal waktu 24 jam setelah pemeriksaan. 

"Untuk penggunaan sebagai surat keterangan, pastikan kamu memprint out hasil dan meminta cap basah serta TTD di tempat melakukan PCR, agar petugas pemeriksa di bandara dapat melakukan validasi," tulis mereka.

Berikut harga yang ditawarkan

1. Rapid test antibodi Rp85.000

2. Rapid Test Antigen Rp385.000

3. PCR Test Rp885.000

4. Id Now Rp1,385 juta

2. Rumah Sakit dan klinik

Untuk rumah sakit dan klinik, harga tes rapid antigen dibanderol mulai Rp200.000an hingga Rp300.000an. Misalnya di klinik SehatQ dibanderol Rp249.000, dan Rumah Sakit Siloam menyediakan pemeriksaan rapid test antigen. Tarif pemeriksaan rapid test antigen mulai dari Rp499.000 hingga Rp699.000. Sementara itu, Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)  di Depok Jawa Barat, memasang tarif pemeriksaan rapid antigen Rp375.000.

3. Ecommerce

Harga test antigen yang dijual bebas ini dibanderol Rp3,2 juta dengan isian 20 pieces alat swab test antigen. Ada juga yang menjual dengan harga Rp400.000 per pieces alatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro