Telah ada ribuan ibu hamil yang menerima vaksin virus corona  (Covid-19)./ilustrasi
Health

Apakah Vaksin Virus Corona Aman Bagi Ibu Hamil?

Novita Sari Simamora
Rabu, 20 Januari 2021 - 11:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Program vaksinasi virus corona (Covid-19) diselenggarakan oleh pemerintah untuk menghentikan pandemi. Apakah vaksin tersebut bisa diberikan kepada ibu hamil?

Mengutip dari Bcm, Rabu (20/1/2021), vaksin virus corona diciptakan dengan cepat untuk mencegah infeksi parah dan menurunkan tingkat kematian di dunia. Ada banyak informasi yang salah terkait vaksin Covid-19 bagi kelompok rentan, seperti wanita hamil dan menyusui, tidak yakin apakah vaksin tersebut aman untuk mereka.

Profesor kebidanan dan ginekologi di Baylor College of Medicine, Mark Turrentine mengungkapkan bahwa wanita hamil aman untuk menerima vaksin virus corona. Sebagian besar vaksin Covid-19 diperbolehkan selama kehamilan, apalagi bila manfaat vaksin dianggap lebih besar daripada potensi risikonya.

“Meskipun tidak ada pengalaman sebelumnya dengan orang hamil untuk menerima vaksin messenger RNA (mRNA), tidak ada alasan untuk mengharapkan bahwa vaksin mRNA akan bekerja secara berbeda pada orang hamil dibandingkan pada orang dewasa lainnya,” ungkapnya seperti dikutip, Rabu (20/1/2021).

Namun, hingga saat ini, belum ada sinyal yang menunjukkan kerugian bagi wanita hamil yang mendapatkan vaksin virus corona. American College of Obstetricians and Gynecologists merekomendasikan bahwa vaksin Covid-19 bisa diberikan kepada perempuan hamil yang  memenuhi kriteria kesehatan untuk vaksinasi.

Apakah ada risiko potensial bagi ibu hamil yang menerima vaksin Corona? Orang yang mendapatkan vaksin (baik hamil atau tidak) mungkin akan memiliki beberapa efek samping.  Sampai saat ini, tidak ada efek samping serius yang dilaporkan banyak orang. Adapun beberapa efek samping vaksin virus corona tersebut adalah tempat suntikan menjadi sakit, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot atau demam. 

Sementara itu, Moderna juga telah mempresentasikan informasi awal dari studi toksikologi reproduksi, didapati hasil yang tidak merugikan pada hewan terhadap reproduksi wanita, perkembangan janin atau embrio, atau perkembangan pascakelahiran.

Apakah perempuan hamil bisa merasakan efek samping yang  tak terduga muncul saat mendapatkan vaksin virus corona? Dia belum mengetahui kerugian yang bisa menimbulkan kerugian seperti peningkatan risiko keguguran hingga kelainan pada janin.

“Sejak pertengahan Desember, beberapa ribu wanita hamil telah menerima vaksin virus corona (komunikasi pribadi dari VSAFE) tanpa adanya gejala yang serius hingga saat ini,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro