Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cek Keamanan Vaksin Virus Corona Bagi Ibu Menyusui

Wanita hamil atau menyusui yang memiliki akses ke vaksin virus corona (Covid-19) harus diizinkan untuk membuat keputusan sendiri mengenai kesehatan mereka.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 20 Januari 2021  |  12:15 WIB
Ibu menyusui memiliki kesempatan untuk mendapatkan vaksin virus corona (Covid-19). - Talkfeed.co.za
Ibu menyusui memiliki kesempatan untuk mendapatkan vaksin virus corona (Covid-19). - Talkfeed.co.za

Bisnis.com, JAKARTA - Perempuan hamil dan menyusui dipersilakan untuk mengambil keputusan sendiri terkait vaksin virus corona (Covid-19).

Profesor kebidanan dan ginekologi di Baylor College of Medicine (BCM), Mark Turrentine mengungkapkan vaksin virus corona yang diterima oleh ibu hamil memiliki manfaat yang besar sama seperti bayi yang mendapatkan ASI dari ibu yang divaksin. Dia mengungkapkan vaksin Covid-19 juga aman diberikan kepada ibu menyusui.

“Tidak perlu menghindari inisiasi atau menghentikan menyusui pada wanita yang menerima vaksin virus corona,” katanya seperti dikutip dari BCM, Rabu (20/1/2021).

American College of Obstetricians and Gynecologists merekomendasikan agar vaksin Covid-19 ditawarkan kepada individu menyusui yang jika memenuhi kriteria. Menurut Academy of Breastfeeding Medicine, kecil kemungkinan vaksin virus corona akan memasuki aliran darah dan mencapai jaringan payudara.

“Jika ya, kemungkinan mRNA utuh akan ditransfer ke dalam susu bahkan lebih kecil. Jika mRNA ada dalam susu, mRNA diharapkan dapat dicerna oleh anak dan kemungkinan tidak memiliki efek biologis,” ungkapnya. Sebelum memutuskan untuk mendapatkan vaksin virus corona, maka ibu hamil atau menyusui harus berdiskusi dengan dokter. Mark mengatakan percakapan dengan tim klinis bisa membantu pengambilan keputusan terkait rencana mendapatkan vaksin Covid-19.

“Namun, wanita hamil atau menyusui yang memiliki akses ke vaksin corona harus diizinkan untuk membuat keputusan sendiri mengenai kesehatan mereka, sebab ini hubungannya dengan penyedia perawatan klinis mereka,” tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin Virus Corona Covid-19
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top