Ilustrasi/Thecookingacademy
Fashion

5 Tren Hobi Selama Pandemi Corona

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 21 Januari 2021 - 17:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi mendorong masyarakat menjadi semakin kreatif dalam mengisi waktu luang selama lebih banyak di rumah.

Salah satunya menggeluti beragam hobi serta kegiatan baru demi meningkatkan produktivitas.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya membagikan beberapa temuan menarik berkaitan dengan tren hobi selama 2020 yang dapat menginspirasi masyarakat dalam mengisi waktu luang di tahun ini.

1. Olahraga

Berdasarkan pembelian di Tokopedia, bersepeda, fitness, memancing, mendaki dan berkemah, serta sepakbola atau futsal menjadi olahraga yang digemari masyarakat selama 2020. Terlihat dari peningkatan transaksi pada kategori Sports & Hobbies di Tokopedia menjadi hampir 2x lipat jika dibandingkan dengan 2019.

2. Membaca Buku

Selain berolahraga, kegiatan membaca pun semakin diminati selama pandemi. Buku tentang religi, pengembangan diri, novel dan sastra serta buku remaja dan anak masih menjadi beberapa kategori buku yang paling populer di Tokopedia selama 2020. Transaksi pada subkategori Buku juga mengalami peningkatan hampir 2x lipat.

3. Berkebun

Selain menambah estetika serta kesejukan rumah, berkebun juga bermanfaat untuk menyegarkan pikiran, sehingga menjadi salah satu hobi banyak masyarakat selama pandemi. Tokopedia mencatatkan kenaikan transaksi lebih dari 4x lipat pada subkategori Taman sepanjang 2020 jika dibandingkan 2019.

4. Melukis

Melukis ternyata menjadi tren baru di kala pandemi. Paint by numbers, contohnya, terus diminati masyarakat karena teknik melukis yang mengikuti angka pada gambar sangat memudahkan bagi para pemula untuk menghasilkan lukisan yang indah.
Tingginya minat masyarakat terhadap hobi melukis ini terlihat dari kenaikan penjualan yang signifikan pada subkategori Office & Stationery di Tokopedia yang mencapai hampir 2x lipat selama 2020.

Hobi melukis juga mulai ditekuni salah satu personil BTS, Suga, selama pandemi. Bahkan Suga pernah melukis secara live lewat akun Youtube BTS yang disaksikan oleh jutaan fansnya.

5. Memasak

Di acara Tokopedia WIB TV Show pada November 2020, salah satu personil BLACKPINK, Lisa, mengaku bahwa memasak menjadi hobi baru yang ia tekuni selama pandemi. Dalam kesempatan yang sama, Jennie juga membagikan tips dalam mengatur api untuk memasak nasi goreng kimchi yang enak.

Hobi memasak pun terus digemari masyarakat di tengah pandemi. Hal ini terlihat pada penjualan kategori Home & Living di Tokopedia yang meningkat lebih dari 2x lipat selama 2020 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro