Gula
Health

Makanan yang dapat Meningkatkan Stres

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 24 Januari 2021 - 18:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahukah Anda jika jenis makanan tertentu yang bisa menekan stres, dan ada juga yang bisa meningkatkan stres Anda.

Jenis makanan ini, bisa membuat tingkat stres Anda naik jika dikonsumsi berlebihan.

Tahukah Anda jenis makanan tersebut? Berikut dilansir dari Times of India: 

1. Gula

Gula adalah hal pertama yang harus Anda hentikan dari diet untuk mengurangi tingkat stres Anda. Makan terlalu banyak gula dapat melepaskan lebih banyak kortisol, yang menyebabkan masalah tidur, mengganggu sistem kekebalan, sakit kepala, peningkatan tingkat stres, dan mengidam makanan yang tidak sehat.

2. Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan mungkin terasa enak tetapi tidak ada gunanya bagi tubuh Anda. Ini dapat menyebabkan kadar gula darah berfluktuasi yang dapat membuat Anda merasa mudah tersinggung dan murung.

3. Alkohol

Segelas anggur mungkin membuat Anda merasa lebih rileks setelah hari yang sibuk, tetapi minum lebih dari itu dapat menambah stres dalam hidup Anda. Ini karena minum terlalu banyak alkohol melepaskan hormon yang dapat membuat Anda merasa cemas dan stres.

4. Terlalu banyak kafein

Jika Anda meminum beberapa cangkir kopi dalam sehari, itu mungkin membuat Anda merasa lebih gelisah dan cemas. Konsumsi hanya satu cangkir sehari untuk menjauhkan stres.

5. Tepung putih

Tepung putih yang juga disebut tepung olahan tidak memiliki serat dan merupakan karbohidrat murni. Itu mudah dicerna menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Ini pada gilirannya melepaskan kortisol, menyebabkan stres.

6. Garam

Terlalu banyak garam dapat menyebabkan retensi air di dalam tubuh, yang menyebabkan tekanan darah tinggi, yang membuat jantung Anda lebih stres.

Salah satu tip mudah untuk mengurangi asupan garam adalah dengan melepas pengocok dari meja.

7. Daging olahan

Daging olahan artinya hot dog, sosis, dan dendeng. Untuk membuat produk ini enak dan tahan lama, pabrikan memuatnya dengan natrium dan aditif. Ini menurunkan tingkat energi Anda dan meningkatkan tingkat stres Anda.

8. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng menurunkan tingkat energi dan meningkatkan stres Anda. Mengkonsumsinya bisa membuat Anda merasa lesu dan tidak nyaman. Anda dapat menggunakan metode memasak lain seperti memanggang, menumis, dan menggoreng dangkal daripada menggoreng.

9. Catatan

Kontrol porsi adalah kunci dari segalanya. Anda dapat memiliki semua makanan yang disebutkan dalam daftar tetapi pastikan untuk tidak berlebihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro