Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu./Dok.Kemenkes
Health

Cegah Kanker Serviks, RS Dharmais Sediakan Tes HPV DNA

Desyinta Nuraini
Sabtu, 30 Januari 2021 - 17:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pusat Kanker Nasional Rumah Sakit Kanker Dharmais memberikan pelayanan tes HPV DNA sebagai upaya pencegahan kanker serviks.

Direktur Utama Rumah Sakit Kanker Dharmais dr. R. Soeko Werdi Nindito Daroekoesoemo mengatakan, tes ini dilakukan dengan mengumpulkan sel dari leher rahim untuk diuji dan mencari keberadaan dari Human Papilloma Virus (HPV), sebagai penyebab utama kanker serviks.

Dalam proses pemeriksaan, para perempuan juga dapat menjalani pemeriksaan menyeluruh dengan menggunakan alat pembesar khusus yaitu kolposkopi, untuk memeriksa sel-sel abnormal.

"Saat menggunakan kolposkopi, kami para dokter akan mengambil sel-sel untuk diuji di laboratorium," ujarnya dalam diskusi online, Sabtu (30/1/2021).

Anjuran deteksi dini dan vaksinasi HPV juga sejalan dengan World Health Organization yang baru-baru ini mengumumkan strategi global untuk mempercepat penghentian kanker serviks.

Strategi tersebut mengikuti seruan untuk bertindak pada tahun 2018 untuk mengakhiri kanker yang dapat dicegah.

Pada 2030, strategi tersebut bertujuan untuk menjangkau 90 persen cakupan vaksinasi HPV, cakupan skrining 70 persen dan akses ke perawatan terkait 90 persen di semua negara.

Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, pemerintah memiliki visi mewujudkan Indonesia bebas kanker serviks pada 2030.

Dalam penanggulangan kanker, Kemenkes memperhatikan 4 pilar yaitu promosi kesehatan, deteksi dini, perlindungan khusus seperti vaksinasi, dan pengobatan.

"Kami mengimbau para perempuan Indonesia untuk melakukan deteksi dini kanker serviks dan vaksinasi HPV demi perlindungan diri sendiri dan orang terkasih," tutur Maxi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Desyinta Nuraini
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro