Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

2021, Tren Beli Mobil Online Akan Lebih Diminati

Mereka melakukan survei cepat pada akhir Februari 2020 dan meneliti bagaimana virus Corona mempengaruhi kebiasaan masyarakat di China dalam bepergian.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 01 Februari 2021  |  14:03 WIB
Ilustrasi pembelian mobil online
Ilustrasi pembelian mobil online

Bisnis.com, JAKARTA - Ipsos Group, sebuah perusahaan global market research dan konsultan yang berpusat di Paris, Perancis melakukan penelitian setelah Covid-19 outbreak di China.

Mereka melakukan survei cepat pada akhir Februari 2020 dan meneliti bagaimana virus Corona mempengaruhi kebiasaan masyarakat di China dalam bepergian.

Data Ipsos mencatat penggunaan transportasi umum menurun drastis karena kesadaran tiap individu untuk tetap melindungi diri dari penularan. Di China Jumlah penumpang bus disebut turun lebih dari 60%, begitu juga pada penumpang kereta api dan taksi online.

Disaat yang bersamaan juga data Ipsos menunjukkan penggunaan mobil pribadi meningkat hampir 2 kali lipat, hal itu terjadi karena mobil pribadi dianggap lebih aman serta terjaga dari penularan Covid-19. Data lain yang mendukung peningkatan pengguna mobil pribadi juga tercatat oleh Garasi.id. Data internal Garasi.id mencatat ada kenaikan transaksi hingga 89% selama masa pandemi 2020.

Melanjutkan hasil survei Ipsos, masyarakat China yang belum memiliki mobil 66% menyebutkan akan segera membelinya dalam 6 bulan ke depan. Dan 77% para calon pembeli mengatakan memiliki mobil adalah salah satu cara terbaik untuk bisa terus beraktivitas tanpa terlalu khawatir tertular Covid-19 bila dibandingkan terus menggunakan angkutan umum.

Dan yang terakhir, survei Ipsos menyebutkan bahwa wabah Corona mendorong pembelian mobil bekas secara online. Para konsumen memilih beralih ke aplikasi, website dan media sosial dibandingkan harus berkunjung ke dealer.

Hal ini terjadi sebagai salah satu langkah antisipasi agar tidak berisiko tertular Covid-19. Konsumen menjadi tertarik membeli mobil secara online termasuk melakukan test drive langsung di rumah mereka.

Andreas Panji, Brand Communication Manager Garasi.id mengatakan dengan tren beli mobil online ini, perusahaan memberikan peluang bagi orang yang ingin membeli mobil pribadi dengan bekerjasama dengan perusahaan multifinance.

"Garasi.id bekerjasama dengan BCA Finance memberikan #SolusiPuas berupa DP ringan 25% untuk pembelian mobil bekas secara kredit, serta dapatkan juga kemudahan untuk merawat kendaraan melalui layanan Jasa dan Servis Garasi.id yang semua transaksinya bisa dilakukan secara online," ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

Dia memaparkan dengan sistem pembelian online ini juga akan memudahkan orang bertransaksi tanpa khawatir adanya penularan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil online
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top