Dokter Marie Thomas menjadi dokter perempuan pertama di Indonesia/Istimewa
Health

Dokter Marie Thomas di Google Doodle, Pendiri Sekolah Kebidanan Pertama di Sumatra

Rezha Hadyan
Rabu, 17 Februari 2021 - 11:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari ini, Rabu (17/2/2021) Google menampilkan doodle dokter Marie Thomas di laman utama mesin pencarinya, Google Search.

Doodle tersebut ditampilkan dalam rangka merayakan hari lahir yang ke-125 dokter perempuan pertama Indonesia itu.

"Doodle hari ini merayakan ulang tahun ke 125, dokter Marie Thomas, salah satu dokter wanita pertama di Indonesia. Lahir hari ini pada 1896 di Desa Likupang, Indonesia Marie Thomas mengukir sejarah sebagai spesialis wanita pertama di bidang ginekologi dan kebidanan," demikian penjelasan Google di laman resmi Doodles.

Dokter Marie Thomas lahir pada 17 Februari 1896 di Desa Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara dari pasangan Andriaan Thomas dan Nicolina Maramis. Kedua orangtuanya adalah pegawai negeri di zaman kolonial.

Di masa kanak-kanak, dokter Marie Thomas sering berpindah-pindah mengikuti kedua orang tuanya. Dia juga sempat menjadi salah satu anak asuh dari  Maria Josephine Catherine Maramis atau Maria Walanda Maramis dalam organisasi Percintaan Ibu Kepada Anak Temurunnya (PIKAT).

Setelah lulus dari sekolah Eropa yang berbasis di Manado, Marie Thomas pindah ke Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikannya ke Meisjesschool (sekolah gadis) hingga akhirnya lulus pada 2012.

Setelah itu, dia melanjutkan ke School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) alias Sekolah Dokter Hindia atau yang lebih dikenal sebagai Sekolah Dokter Jawa di Batavia (Jakarta).

dokter marie thomas doodle google hari ini
dokter marie thomas doodle google hari ini

Dokter Marie Thomas menjadi doodle google hari ini, Rabu (17/2/2021).

Pada 26 April 1922 atau 10 tahun setelah diterima belajar di STOVIA, dr. Marie Thomas dinyatakan lulus sebagai dokter dan ditugaskan di Centrale Burgelijke Ziekenhuis (CBZ) yang kini menjadi Rumah Sakit Tjipto Mangunkusumo.

Selain di Batavia, dokter Marie Thomas juga pernah ditugaskan di Cirebon, Manado, dan Bukittinggi. Pada 1929, dia menikah dengan seorang dokter mata bernama Moehammad Joesoef dan berpindah lagi ke Padang.

Di Padang, dia menjadi dokter pertama yang memperkenalkan metode kontrasepsi kepada wanita. Selain itu, dia juga mendirikan sekolah kebidanan pertama di Sumatra.

Marie Thomas juga dikenal sebagai dokter yang murah hati. Dia sering memberikan perawatan gratis kepada pasien yang tidak mampu membayar, terutama dari kalangan pribumi. Marie Thomas wafat pada tahun 1966 di Bukittinggi.

"Selamat ulang tahun dokter Marie Thomas. Terima kasih atas dedikasinya yang tanpa pamrih untuk kehidupan orang lain yang telah membuka jalan bagi perempuan Indonesia untuk mengejar pendidikan kedokteran dan pendidikan tinggi," tutup Google.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro