Mobil terbang PAL-V Liberty. PAL-V Liberty
Fashion

Siap-siap Pakai Mobil Terbang, Jepang Siapkan Aturan

Rezha Hadyan
Rabu, 10 Maret 2021 - 08:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Jepang diketahui tengah menyiapkan aturan penggunaan mobil terbang, sebagai bagian dari persiapan beroperasinya sarana angkutan masa depan itu.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Rabu (10/3/2021), Kementerian Perhubungan Jepang menyatakan akan mendirikan kantor guna mengintegrasikan sejumlah pekerjaan terkait kendaraan terbang, termasuk menyiapkan aturan terkait.

Pemerintah berencana mewujudkan penggunaan nyata mobilitas udara generasi berikutnya pada 2023. Kantor tersebut akan mulai beroperasi pada 1 April mendatang.

Mobil-mobil terbang bertenaga listrik akan menggunakan berbagai teknologi yang terkait dengan wahana tak berawak.

Para pejabat berharap kendaraan tersebut akan meningkatkan logistik dan mengurangi kemacetan. Kendaraan itu juga bisa menjadi cara guna menjangkau pulau-pulau terpencil dan kawasan yang sedikit penduduknya.

Kantor tersebut akan mempelajari standar keselamatan kendaraan-kendaraan itu dan keahlian yang diperlukan untuk menjadi pilotnya. Kantor itu akan menyusun sistem untuk mendaftarkan kendaraan serta mengendalikan operasinya.

Penggunaan mobil terbang sebagai alat transportasi di sejumlah negara nampaknya mulai disiapkan. Sebelumnya, Inggris diketahui tengah membangun bandara pertama di dunia khusus untuk kendaraan mobil terbang berenergi listrik.

Menurut World Economic Forum, bandara mobil terbang tersebut dibangun di dekat Kota Conventry dan ditargetkan beroperasi akhir 2021.

Bandara ini dibangun untuk mewujdukan konsep hub tanpa emisi untuk moda transportasi masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro