Ilustrasi vaksin Covid-19./Antara
Health

Cek Fakta: Vaksin Covid-19 Asal China Dominasi Kemanjuran di Dunia

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 12 Maret 2021 - 13:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di media sosial dan grup WhatsApp beredar berita soal daftar vaksin covid-19 yang dianggap paling manjur di dunia.

Daftar itu menempatkan vaksin asal China menjadi empat teratas. Informasi itu diklaim didapatkan dari pemberitaan New York Times.

Namun, informasi itu telah dibantah oleh pihak New York Times dalam akun twitternya.

"Kami menyadari adanya kesalahan informasi yang beredar di WhatsApp, yang secara keliru memeringkat keamanan vaksin virus corona di seluruh dunia dan mengaitkan daftar ini dengan laporan yang diterbitkan oleh The New York Times. (1/3)," tulis mereka.

Menurut mereka, pesan ini menyesatkan dan tidak benar. The New York Times tidak menerbitkan daftar ini, mereka juga menyebutkan laporan itu tidak menyatakan bahwa vaksin China lebih unggul daripada vaksin yang diproduksi di tempat lain.

Bahkan, mereka juga tidak menerbitkan klaim bahwa China telah mengekspor lebih dari 500 juta dosis.

"Pemahaman kami tentang keefektifan dan keamanan vaksin dipublikasikan di The New York Times Coronavirus Vaccine Tracker. Ini berkembang, bernuansa, dan diperbarui secara teratur untuk mencerminkan bukti ilmiah," tulis mereka lagi.

Adapun artikel yang dikutip sebagai artikel yang menyebutkan daftar rangking vaksin termanjur dari China itu merupakan opini yang dibuat oleh Achal Prabhala dan Chee Yoke Ling.

Dia adalah seorang aktivis kesehatan masyarakat dari India yang mempromosikan distribusi vaksin Covid-19 yang lebih luas. Ms. Chee, seorang pengacara kepentingan publik Malaysia, bekerja selama satu dekade untuk meningkatkan akses ke obat-obatan di China.

Artikel itu juga sudah ditulis dan tayang sejak 5 Februari 2021 lalu. 

Achal Prabhala dan Chee Yoke Ling menuliskan tentang solusi untuk negara miskin dalam mendapatkan vaksin bisa mendapatkannya dari China dan Rusia, dan tak lama lagi dari India. 

Sedangkan daftar vaksin yang diklaim sebagai rangking tertinggi kemanjurannya, sebenarnya diambil dari salah satu media di China pada 7 Oktober 2020. Artikel berjudul 10 proyek vaksin Covid-19 tercanggih di dunia itu juga tidak menyebutkan ranking vaksin termanjur, melainkan daftar vaksin yang kini sedang dikembangkan di dunia untuk mencegah penularan covid-19.

Berikut daftar ranking vaksin yang beredar: 

1. Sinopharm (China)
2. Sinopharm (China)
3. Sinovac Biotech (China)
4. CanSinoBIO (China)
5. AstraZeneca Life Science (UK)
6. Pfizer (US and Germany)
7. Modena (US)
8. Johnson & Johnson (US)
9. Novavax (US)
10. Sputnik-V (Russia) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro