Ilustrasi Musik Digital/Sonatamusic.ca
Fashion

Pandemi Covid-19 Sukses Tingkatkan Kreativitas Pelaku Industri Musik

Rezha Hadyan
Rabu, 17 Maret 2021 - 10:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian besar pelaku industri musik di Tanah Air percaya bahwa pandemi Covid-19 berhasil mengubah dunia musik secara menyeluruh dan meningkatkan kreativitas mereka yang berkecimpung di dalamnya.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh platform musik sosial Resso terhadap 100 orang pelaku industri musik, termasuk diantaranya adalah musisi, sebagian besar diantaranya mengamini bahwa pandemi telah mengubah keseluruhan dunia musik. Selain itu, pandemi Covid-19 juga dipercaya sebagai kesempatan bagi mereka untuk berkembang secara independen.

“Konser musik online menjadi new normal. Banyak yang percaya bahwa pandemi menjadi upaya bagi musik berkembang secara independen,” kata Country Manager Resso Indonesia, Tricia Dizon saat konferensi pers virtual RessoVersary, Selasa (16/03/2021).

Lebih lanjut, Tricia mengatakan akibat pandemi, banyak pembatalan dan penundaan konser dan pertunjukan musik. Para musisi dan artis kemudian mencari jalan bagaimana pertunjukan itu tetap bisa dilakukan meski secara daring.

Di tengah kondisi yang sedemikian menantang, Resso kemudian hadir sebagai platform musik yang berbeda dibandingkan dengan platform musik lainnya. Menurut Tricia, Resso hadir sebagai platform musik sosial berbasis aplikasi yang mengajak penampil, termasuk musisi profesional untuk berekspresi dan terhubung dengan banyak orang layaknya konser.

“Resso menjelma menjadi platform musik sosial yang mampu menggantikan kebutuhan musik seseorang yang dapat dilakukan secara online dikarenakan terbatasnya aktivitas offline,” ujarnya.

Tricia menegaskan pihaknya berkomitmen untuk mendukung industri musik Indonesia. Tahun ini Resso akan meluncurkan dua kegiatan yang akan dilakukan secara konsiten dan teratur, diantaranya adalah coaching clinic dan diskusi bagi pemangku kepentingan sebagai wadah untuk berdialog.

“Di 2021 Resso akan melakukan kolaborasi elektronik dengan Vidi Aldiano, merayakan hari musik nasional dengan merilis 18 musisi Indonesia, melanjutkan kolaborasi dengan TikTok dan menggelar coaching clinic dan diskusi tentang musik demi kemajuan industri musik Indonesia,” paparnya.

Adapun, tahun lalu Resso telah melakukan beberapa kegiatan. Seperti online akustik, kemudian Ressonited yakni mengumpulkan enam musisi indonesia untuk tampil di sebuah virtual konser dengan penonton mencapai 70.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro