Warga menggunakan masker berolahraga di taman Jam Gadang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Kamis (25/6/2020). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Health

Perut Selalu Buncit Padahal Sudah Setop Makan Nasi? Ini Penyebabnya

Janlika Putri Indah Sari
Kamis, 18 Maret 2021 - 12:23
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA-- Mengurangi konsumsi nasi dipercaya dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Namun sebagian besar masyarakat masih salah kaprah dengan konsep diet satu ini.

Akibatnya, bukan tumbuh langsing ideal yang di dapatkan, namun lingkar perut semakin bertambah. Bahkan lebih buruknya berat badan semakin melonjak.

Lalu apa saja yang membuat perut menjadi buncit padahal sudah tidak menyentuh nasi?

Melansir dari ELLE. aus, berikut adalah kebiasaan buruk yang membuat perut menjadi buncit :

1. Usus Sedang Tidak Sehat

Terlalu banyak atau terlalu sedikit bakteri baik di perut bisa menyebabkan kembung. Tambahkan kandungan probiotik ke dalam menu diet Anda, lalu pantau perubahannya.

2. Porsi Makan Terlalu Besar

Nasi sudah di stop, namun akan percuma bila porsi makan jadi semakin banyak. Misalnya mengkonsumsi daging merah berlemak dengan porsi ekstra, atau makanan dengan krim. Menu seperti itu akan di cerna tubuh keesokan harinya, dan saat itulah rasa kembung yang di takuti mulai terjadi. Pilihlah menu berserat tinggi dan tingkatkan asupan air untuk mempercepat metabolisme Anda.

3. Terlalu Banyak Gluten

Pembengkakan usus adalah gejala kepekaan terhadap makanan. Sensitivitas terhadap gluten adalah hal yang sangat nyata sehingga perut kembung. Kurangilah makanan seperti produk keju, roti, dan susu dan gluten lainnya. Anda dapat menggantinya dengan menu alternatif kaya nutrisi.

4. Jarang Olah Raga

Bergerak adalah cara yang tepat untuk mendorong pencernaan. Berjalan kaki adalah salah satu cara tercepat dan mudah untuk menghilangkan perut buncit.

5. Penerbangan Jarak Jauh

Berada di dalam kendaraan terlalu lama akan menghasilkan gas pada perut. Sistem limfatik Anda mengalami kebosanan sehingga menjadi lamban selama penerbangan. Hal tersebut menyebabkan retensi cairan dan kembung. Berjalan di lorong pesawat sesering mungkin bisa jadi solusi ini.

6. Terlalu Banyak Alkohol.

Alkohol memiliki kalori yang tinggi. Hati akan mengalami kesulitan memproses alkohol sehingga mengakibatkan penumpukan lemak pada perut.

7. Makan Buah Terlalu Banyak

Ketika Anda diet nasi, buah menjadi salah satu pelarian untuk di konsumsi. Namun jika terlalu banyak akan membuat timbunan gas dari serat alami yang bisa di fermentasi dalam perut. Bahkan jika dibiarkan ini akan membuat perut menjadi bengkak. Cobalah untuk batasi konsumsi buah-buahan jika Anda merasa perut sedang tidak nyaman.

8. Makan Terlalu Cepat atau Lambat

Duduklah dengan nyaman saat makan, tinggalkan ponsel Anda sebentar dan makanlah dengan sadar agar tubuh Anda memiliki kesempatan terbaik untuk memproses makanan Anda dengan cepat.

Hiraukan gangguan yang membuat Anda makan terburu-buru, atau gangguan yang membuat makan jadi lambat. Makan terlalu cepat atau lambat akan memperburuk keadaan lambung mencerna asupan.

9. Stres

Stres akan meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh yang memicu rasa lapar berlebihan. Hormon tersebut akan membawa lemak di sekitar perut sehingga menjadi buncit.

Salah satu latihan terbaik untuk mengatasi stres dan perut buncit adalah Yoga.

10. Makanan Siap Saji

Meskipun berhenti makan nasi, namun kebiasaan mengkonsumsi sajian tinggi gula tidak di tinggalkan. Anda masih tidak bisa jauh dengan camilan asin seperti keripik, mi instan, dan makan malam dengan makanan beku yang siap di panaskan. Makanan tersebut
dapat membuang bakteri baik pada pencernaan Anda, sehingga berganti dengan bakteri buruk yang memicu timbulnya lemak di perut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro