Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fakta-fakta Kesehatan Perempuan di Atas Usia 40 Tahun yang Wajib Diketahui

Metabolisme Anda bisa melambat, dan itu juga meningkatkan risiko Anda tertular beberapa penyakit. Akan sulit untuk mengabaikan gejala apa pun yang muncul dari tubuh Anda dari waktu ke waktu.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 19 Maret 2021  |  15:42 WIB
Pengusaha perempuan
Pengusaha perempuan

Bisnis.com, JAKARTA - Usia memang hanya angka. Tetapi karena angka ini berubah setiap tahun, begitu pula tubuh Anda.

Metabolisme Anda bisa melambat, dan itu juga meningkatkan risiko Anda tertular beberapa penyakit. Akan sulit untuk mengabaikan gejala apa pun yang muncul dari tubuh Anda dari waktu ke waktu.

Nah, jika Anda memperhatikan kesehatan Anda di usia dua puluhan dan tiga puluhan, menginjak usia 40 tahun bukanlah masalah besar, dan jika Anda sedikit tergelincir, itu juga bagus. Tidaklah terlambat untuk memilih jalan sehat untuk mengurangi bahkan menghindari risiko berbagai gangguan kesehatan di masa mendatang.

Selama usia 40-an (untuk seorang wanita), tubuh Anda mengalami beberapa transisi besar; Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan Anda dengan menghindari kebiasaan dan menambahkan kebiasaan baru yang sehat agar tetap bugar dan bahagia.

Berikut beberapa tip kesehatan untuk wanita di atas 40, seperti kesalahan kesehatan yang umum terjadi, risiko kesehatan yang harus diwaspadai, dan fakta kesehatan dasar lainnya. Lihatlah.

1. Perhatikan Kepadatan Tulang

Selama menopause, penurunan estrogen dapat menyebabkan hilangnya kepadatan tulang, yang pada akhirnya dapat meningkatkan risiko osteoporosis . Keropos tulang adalah bagian dari bertambahnya usia, terutama bagi wanita, karena ini dimulai segera setelah menopause. Dokter menyarankan wanita untuk menambahkan vitamin D dalam jumlah yang baik, berolahraga dengan baik, makan makanan yang seimbang, dan menjalani tes kepadatan tulang jika mereka memiliki faktor risiko.

2. Jangan Lewati Pemeriksaan Mata

Setelah Anda mencapai usia 40-an, kemungkinan besar Anda akan mengalami masalah mata. Jadi, Anda juga harus menjaga mata dan penglihatan Anda. Pastikan untuk menjalani pemeriksaan mata untuk menghindari dan mengelola masalah penglihatan umum yang muncul seiring bertambahnya usia, seperti kesulitan melihat dalam gelap, masalah dengan silau saat mengemudi, dan perubahan cara Anda melihat warna.

3. Jangan Menunda Mammogram

Selama usia 30-an, risiko terkena kanker payudara adalah 1 dari 228. Ketika Anda berusia 40 tahun, risikonya menjadi 1 dari 69. Dianjurkan bagi 40 lebih wanita untuk memulai mamogram mereka pada saat mereka berusia 40 tahun dan melanjutkannya sekali atau dua kali setahun. Studi menunjukkan bahwa skrining mamografi mengurangi jumlah kematian akibat kanker payudara di kalangan wanita usia 40 hingga 74, terutama wanita di atas usia 50.

4. Jangan Lewatkan Latihan Kekuatan

Latihan kardio adalah sesuatu yang harus Anda lakukan dan terus lakukan pada saat Anda mencapai usia 40-an. Wanita mulai kehilangan massa otot pada usia 30 tahun, dan laju ini menjadi lebih tinggi saat kita mencapai usia 40-an. Massa otot berperan besar dalam laju metabolisme. Mengejan dapat membantu memperlambat pengeroposan tulang dan otot seiring bertambahnya usia dan menjaga tubuh tetap kuat untuk aktivitas sehari-hari seperti naik tangga dan berkebun. Latihan kekuatan bermanfaat untuk osteoporosis, yang lebih mungkin dialami wanita daripada pria.

5. Usahakan Tidak Begadang

Tidak mendapatkan 7-8 jam tidur yang disarankan setidaknya setelah Anda mencapai usia 40-an dapat sangat berdampak pada kesejahteraan Anda. Terkadang, efek samping hormonal, penurunan kadar melatonin, dll., Juga dapat memengaruhi siklus tidur alami. Ini adalah salah satu kebiasaan buruk teratas yang harus dihindari wanita pada usia 40.

6. Kurangi Asupan Gula

Setelah Anda mencapai usia 40 tahun, kemampuan tubuh Anda untuk memproses gula berkurang, yang dapat menyebabkan resistensi insulin dan diabetes tipe. Wanita di atas 40 tahun disarankan untuk menjaga asupan gula di bawah 25 gram per hari.

7. Ingat Pengendalian Kelahiran

Kesuburan menurun seiring bertambahnya usia, tetapi jika Anda aktif secara seksual dan tidak ingin hamil, Anda harus menggunakan alat kontrasepsi. Jangan membuat kesalahan dengan berpikir bahwa Anda terlalu tua untuk mengontrol kelahiran. Wanita di atas 40 tahun perlu mewaspadai risiko terhadap diri mereka sendiri dan perkembangan anak dalam kehamilan yang tidak disengaja, karena risiko anak untuk memiliki kelainan genetik tinggi.

Fakta kesehatan lain untuk wanita di atas 40 tahun adalah sebagai berikut:

1. Risiko terkena penyakit jantung tinggi setelah usia 40 (menyebabkan sekitar 1 dari 5 kematian wanita), dan gejala serangan jantung dapat berbeda pada wanita (mual, muntah, sakit punggung atau rahang)

2. Akan membantu jika Anda memeriksakan kulit Anda sebulan sekali untuk tanda-tanda kanker kulit.

3. Payudara Anda bisa menjadi lebih kecil saat Anda memasuki masa menopause, yang mengakibatkan hilangnya jaringan payudara, lemak, dan kelenjar susu

3. Rambut Anda mungkin mulai menipis.

4. Anda akan mengalami kehilangan kolagen.

5. Anda akan mengalami kekeringan pada vagina.

6. Kepuasan seksual bisa meningkat.

7. Alkohol memengaruhi Anda secara berbeda.

8. Berolahraga dapat membantu mencegah demensia.

9. Risiko kanker lebih besar.

10. Anda bisa kehilangan kelenjar keringat, mempengaruhi penyembuhan kerusakan kulit dan juga menyebabkan kepanasan.

11. Anda mungkin mengalami penurunan kontrol kandung kemih.

12. Sistem kekebalan Anda akan semakin lemah.

13. Berhenti merokok karena tembakau dapat membuat Anda berisiko mengalami banyak masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, gigi tanggal, penyakit gusi, katarak, diabetes, dan artritis

14. Stres menimbulkan risiko besar bagi kesehatan Anda.

15. Depresi terlihat berbeda dan lebih parah seiring bertambahnya usia

16. Makan dengan orang lain dapat meningkatkan kesehatan Anda.

17. Anda mungkin mengalami fibroid uterus.

18. Setelah Anda mencapai usia 45, skrining untuk diabetes tipe 2 (jika hasilnya negatif, lakukan skrining lagi dalam tiga tahun).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perempuan usia
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top