Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penyakit yang Biasa Menyerang Perempuan Usia 40 Tahun ke Atas

Saat itulah banyak penyakit yang bisa menyerang jika mereka tidak bisa menjaga kesehatannya dengan baik.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 25 Maret 2021  |  08:03 WIB
Pilek - nrp.org
Pilek - nrp.org

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki usia 40 tahun, kondisi kesehatan perempuan kian menurun dan hormon juga berkurang.

Saat itulah banyak penyakit yang bisa menyerang jika mereka tidak bisa menjaga kesehatannya dengan baik.

Caranya tentu saja dengan menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan yang sehat.

Apakah Anda tahu penyakit apa saja yang mengancam perempuan berusia 40 tahun ke atas? berikut perinciannya dilansir dari Boldsky :

1. Wanita Berusia 40-an ke Atas

Begitu Anda mencapai usia 40-an, risiko kesehatan Anda berubah seiring waktu. Masalah kesehatan yang Anda alami pada usia 20 mungkin belum tentu menjadi perhatian pada usia 40.

Namun, berikut adalah beberapa masalah kesehatan paling umum yang dapat dihadapi wanita selama usia 40-an dan setelahnya.

1. Penyakit Jantung

Menurut penelitian, wanita memiliki risiko kematian yang jauh lebih tinggi akibat penyakit jantung. Kebiasaan makan yang tidak sehat, gaya hidup yang sangat sibuk, merokok, diabetes, dll., Adalah bahaya utama yang membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung. Bahkan gejala serangan jantung atau stroke berbeda pada wanita. Berbeda dengan nyeri dada pada pria saat serangan, wanita mungkin tidak merasakan nyeri dada yang tepat.

Namun, mereka mungkin merasa sangat lemah, mengalami sesak napas, muntah, nyeri lengan, dll. Yang dapat disalahartikan sebagai tanda flu atau nyeri tubuh yang normal

2. Kanker Payudara

Risiko seorang wanita terkena kanker payudara meningkat antara 30 dan 40. Pada usia 30, kemungkinan seorang wanita terkena kanker payudara secara signifikan lebih rendah daripada pada usia 40. Oleh karena itu, Anda perlu menjalani pemeriksaan payudara secara teratur, mammogram tahunan, dll.,

Untuk mengurangi kemungkinan Anda terkena kanker payudara dan dapat membantu dalam perawatan dini jika itu terjadi. berkembang.

3. Diabetes

Wanita berusia 40-an ke atas berisiko lebih tinggi terkena diabetes. Diabetes adalah penyebab kematian nomor enam pada wanita berusia 45 hingga 54 tahun. Studi menunjukkan bahwa diet sehat dan olahraga teratur dapat membantu membalikkan efek pradiabetes.

4. Osteoporosis

Keropos tulang adalah bagian dari pertambahan usia, terutama bagi wanita, karena hal ini dimulai segera setelah menopause. Dokter menyarankan wanita untuk menambahkan vitamin D dalam jumlah yang baik, berolahraga dengan baik, makan makanan yang seimbang, dan menjalani tes kepadatan tulang jika mereka memiliki faktor risiko.

5. Asma Onset Dewasa

Pada wanita setelah 40 tahun, fluktuasi hormonal seperti yang terjadi selama perimenopause dan menopause dapat berkontribusi pada timbulnya asma.

Asma bisa diobati, jadi jika Anda mengalami batuk terus-menerus, kehabisan napas, dan tidak dapat bernapas dalam waktu lama setelah atau mengi, segera cari pertolongan medis.

6. Kekurangan Vitamin

Salah satu masalah kesehatan utama yang dilaporkan pada wanita di atas 40 tahun adalah kekurangan vitamin. Seiring bertambahnya usia wanita, kekurangan vitamin menjadi lebih umum dan dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan.

Vitamin D yang rendah telah dikaitkan dengan depresi dan gangguan afektif musiman, serta kehilangan massa tulang. Beberapa masalah kesehatan lain yang dilaporkan pada wanita di atas 40 tahun adalah sebagai berikut: Gumpalan darah Kandung kemih yang terlalu aktif Batu ginjal Infeksi saluran kemih dan prostat Nyeri punggung Depresi Anemia


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyakit perempuan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top