Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ramadan Segera Tiba, Ini 7 Tips Mengajarkan Puasa ke Anak

Sembari mengajarkan bagaimana berpuasa, orang tua juga perlu mengajarkan mengenai manfaat dan makna dalam menjalankan ibadah berpuasa.
Hanafi Nurmahdi
Hanafi Nurmahdi - Bisnis.com 30 Maret 2021  |  13:26 WIB
Anak puasa - gulfnews.com
Anak puasa - gulfnews.com

Bisnis.com, JAKARTA - Semangat anak-anak dalam menyambut bulan suci Ramadan cukup tinggi, tetapi yang diwajibkan bagi setiap muslim ialah menjalani ibadah berpuasa.

Dalam hal ini, para orang tua hendaknya untuk mengajarkan kepada anak untuk beribadah puasa, tetapi pada kenyataannya tidak semulus menjalaninya.

Adapun anak yang belum akil balik belum diwajibkan berpuasa. Namun anak-anak perlu dilatih agar terbiasa kedepannya. Tak ada salahnya mengajarkan anak berpuasa sedini mungkin agar siap saat nantinya setelah dewasa.

Berikut tips mengajari anak dalam berpuasa di bulan Ramadan:

1. Puasa setengah hari

Bagi anak kecil, tak mudah untuk menjalani puasa selama satu hari penuh. Agar terbiasa, ajari anak berpuasa secara bertahap. Anak-anak bisa memulai setelah waktu sahur hingga jam makan siang. Kemudian, tambah durasi waktunya secara bertahap untuk membiasakan diri.

2. Mengawali dengan puasa jajan

Berpuasa dengan tidak makan-makanan kesukaannya. Biasanya, anak-anak minta uang jajan kepada orang tuanya untuk membeli makanan yang digemarinya. Cobalah untuk kurangi makanan tersebut sebagai bentuk pelajaran awal berpuasa.

3. Mengajarkan makna berpuasa

Sembari mengajarkan bagaimana berpuasa, orang tua juga perlu mengajarkan mengenai manfaat dan makna dalam menjalankan ibadah berpuasa.

4. Menyiapkan makanan favorit saat berbuka puasa

Sebagai bentuk penghargaan setelah menjalani ibadah puasa, hendaknya para orang tua menyiapkan makanan kesukaan anaknya. Bila perlu, minta si anak untuk memesan apa yang akan ia nikmati saat waktu buka puasa tiba.

5. Melakukan aktivitas bersama sebelum waktu berbuka

Dengan melakukan hal ini, perhatian anak akan teralihkan dari makanan dan minuman. Biasanya para orang tua akan menemani anak untuk tidak fokus pada makanan dengan membaca al quran bersama atau bisa juga jalan-jalan sore sambil menunggu waktu berbuka.

6. Menjadi contoh dan teladan yang baik

Setiap anak akan selalu mencontoh kebiasaan orang tuanya. Untuk itu, penting bagi orang tua menjadi teladan yang baik untuk anaknya. Dengan menjadi contoh yang baik, menemani anak untuk memberikan dukungan agar ia mampu menyelesaikan ibadah puasanya.

7. Memberikan hadiah selepas Lebaran

Sebagai motivasi tambahan, tak ada salahnya memberikan hadiah istimewa pada Hari Raya Lebaran />,mnuntuk memberikan penghargaan karena telah selesai berpuasa penuh.

Meskipun tidak mudah dalam menjalankannya, perlu diingat bahwa orang tua tidak harus memaksakan anak untuk ikut berpuasa. Ajarkan dan berikan contoh dengan manfaat apa yang setelah kita dapatkan dengan menjalani ibadah puasa di bulan ramadan dengan sungguh-sungguh.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Puasa buka puasa tips puasa bugar
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top