Petugas Kesehatan menyuntikan vaksin Covid-19 kepada seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Gelanggang Olahraga Remaja Pekanbaru, Riau, Senin (1/3/2021)./Antara
Health

Kenapa Harus Disuntik Vaksin Virus Corona Dua Dosis?

Hanafi Nurmahdi
Senin, 5 April 2021 - 15:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sudah seharusnya orang yang telah melakukan vaksinasi dengan varian Pfizer dan Moderna wajib ikut dalam vaksinasi dosis kedua.

Orang yang mendapatkan suntikan vaksin virus corona (Covid-19), biasanya akan mengalami efek samping seperti sakit kepala, demam, dan kedinginan. Tenaga kesehatan menilai jika orang hanya mendapatkan sekali  suntikan vaksin, maka tidak melindungi secara utuh.

Anne Liu, seorang dokter penyakit menular di Universitas Stanford mengatakan vaksin dosis pertama setidaknya melindungi secara sebagian. “Kami tidak tahu apa yang akan terjadi setelahnya, maka dari itu kita memang perlu untuk melakukan vaksinasi dosis kedua,” ungkapnya seperti dikutip dari woodtv.com, Senin (5/4/2021).

Varian vaksin Pfizer dan Moderna memiliki efek samping lebih banyak dibandingkan dengan vaksin lain. Namun, vaksin ini sangat efektif. Efek samping hanya berlangsung dalam jangka pendek. Liu juga menjelaskan bahwa dirinya belum melihat banyak varian vaksin lain yang memiliki dosis tunggal.

Efek samping dari varian tersebut cenderung diderita oleh wanita dan orang dengan usia muda. Karena mereka cenderung memiliki kekebalan tubuh yang kuat serta respon yang kuat terhadap efek samping vaksin tersebut.

Seperti yang dilansir dari woodtv.com, baik vaksin Pfizer dan Moderna efektif mencegah penularan virus covid-19 sekitar 95 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro