Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Korea Selatan Suntikkan Vaksin ke 1 Juta Penduduk

Pemerintah Korea Selatan menyatakan bahwa 1 juta warganya telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 setelah 40 hari negara tersebut meluncurkan kampanye vaksinasi.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 06 April 2021  |  14:42 WIB
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.  - @TheBlueHouseENG
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. - @TheBlueHouseENG

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Korea Selatan menyatakan bahwa 1 juta warganya telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 setelah 40 hari negara tersebut meluncurkan kampanye vaksinasi.

Mengutip The Korea Times pada Selasa (6/4/2021), Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan (Korean Disease Control and Prevention Agency/KDCA) menyatakan bahwa 999.870 orang di Negeri Ginseng atau 1,92 persen dari total penduduk sudah mendapatkan suntikan dosis pertama vaksin Covid-19.

Adapun, sebanyak 27.691 orang di antaranya telah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dosis kedua.

Pada 26 Februari 2021, Korea Selatan memulai program vaksinasinya dimulai dengan pemberian vaksin kepada pekerja perawatan kesehatan dan pasien berusia di bawah 65 tahun di fasilitas perawatan jangka panjang, serta pekerja medis garis depan, di antara yang pertama menerima suntikan pertama mereka.

Dari total, 870.724 orang, sebagian besar pekerja perawatan kesehatan dan pasien di fasilitas perawatan jangka panjang, menerima suntikan pertama dari rejimen vaksin dua dosis yang dikembangkan oleh raksasa farmasi Inggris-Swedia AstraZeneca dan Universitas Oxford.

Sementara itu, 129.145 orang menerima suntikan pertama rejimen vaksin dua dosis raksasa farmasi AS Pfizer Inc. Kelompok itu sebagian besar terdiri dari dokter, perawat, dan profesional kesehatan lainnya yang merawat pasien Covid-19 di wilayah Seoul yang lebih besar.

Kampanye ini semakin cepat karena vaksin Covid-19 pertama kali diberikan kepada masyarakat umum yang berusia 75 tahun ke atas, serta kelompok rentan virus lainnya pada hari Kamis. Pihak berwenang berencana untuk memberikan suntikan kepada mereka yang berusia antara 65 dan 74 pada bulan Mei.

Di tengah meningkatnya kekhawatiran atas penundaan pengiriman vaksin karena melimpahnya pasokan vaksin AstraZeneca, pihak berwenang mengatakan mereka telah menyelesaikan jadwal pengiriman untuk paruh pertama tahun ini.

Hingga akhir Juni 2021, total 18,08 juta dosis vaksin dijadwalkan untuk dikirim ke sini, dengan sekitar 2,69 juta dosis vaksin sudah dikirimkan pada Maret.

Selama periode April-Juni 2021, setidaknya 15,39 juta dosis, termasuk 9,1 juta vaksin AstraZeneca, dipastikan dikirim ke sini.

Sebanyak 36 kematian setelah vaksinasi telah dilaporkan, tetapi kaitan apa pun dengan suntikan vaksin belum dikonfirmasi, dengan 19 di antaranya disimpulkan tidak memiliki hubungan langsung. Adapun, kasus lainnya masih dalam peninjauan.

Dari mereka, dua kasus disimpulkan sebagai reaksi anafilaktoid, yang memiliki gejala mirip dengan anafilaksis, reaksi alergi yang serius setelah imunisasi, katanya.

Pada hari Selasa (6/4/2021), Korea Selatan melaporkan 475 lebih banyak kasus Covid-19, tetap di 500-an untuk hari kedua berturut-turut. Total beban kasus meningkat menjadi 106.230.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korea selatan vaksinasi
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top