Daun basil/istimewa
Health

Cara Alami Menghilangkan Sendawa dengan Mudah

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 6 April 2021 - 16:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Satu dari setiap sepuluh orang menderita bersendawa berlebihan dan bau mulut yang merupakan perilaku buruk dan pasti telah mencoba beberapa solusi yang terbukti tidak efektif.

Bersendawa terjadi ketika bagian makanan dipenuhi dengan gelembung udara (yang terbentuk saat berbicara, tertawa, duduk dengan posisi yang aneh, dll.).

Sedangkan sebelum kita membahas pengobatannya, perlu dipelajari terlebih dahulu tentang penyebabnya. Juga ada makanan tertentu yang menyebabkan kembung dan akhirnya bersendawa.

Minuman berkarbonasi, produk susu, bawang merah, rempah-rempah, dan telur adalah beberapa yang utama. Makanan ini perlu dihindari untuk menghilangkan sendawa. Umumnya, makan perlahan, mengunyah makanan dengan benar (minimal 10 kali) dan bercakap-cakap saat tidak ada makanan di mulut akan mencegah bersendawa berlebihan.

Berikut bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi sendawa dengan mudah seperti dilansir dari Boldsky:

1. Mint

Mint bertindak sebagai antasid alami dan penyegar mulut. Tambahkan beberapa daun mint ke segelas air panas. Biarkan terendam selama sekitar 10 menit. Minum segelas teh mint ini 2-3 kali sehari membantu menghentikan sakit perut dan menyembuhkan sendawa.

2. Asafoetida

Ramuan yang tajam mencegah pembentukan gas yang berlebihan di perut. Bisa diambil dengan menambahkannya ke susu mentega atau jus lemon. Ini membantu menyembuhkan sendawa yang berlebihan.

3. Yogurt

Ketika terjadi ketidakseimbangan dalam sistem pencernaan hal ini dapat menyebabkan pembentukan gas berlebih dan sendawa. Yogurt adalah salah satu probiotik alami terbaik yang membantu menyeimbangkan bakteri usus dan mencegah bersendawa berlebih.

4. Jahe

Ambil beberapa potong jahe, tambahkan ke dalam segelas air panas. Biarkan terendam selama kurang lebih 7 menit, saring, lalu diminum 2-3 kali sehari. Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh madu jika tidak menyukai rasa jahe. Ini membantu dalam mengendurkan otot gastrointestinal yang pada gilirannya mencegah kelebihan sendawa dan pembentukan gas.

5. Fenugreek

Satu sendok teh fenugreek saat perut kosong adalah obat alami terbaik untuk bersendawa. Ramuan pahit membuat mulut Anda segar dan sehat.

6. Adas

Adas membantu dalam memberikan efek menenangkan pada saluran pencernaan dan menghilangkan bersendawa yang berlebihan. Ambil beberapa biji adas, hancurkan lalu tambahkan ke dalam secangkir air panas. Seduh selama sekitar 5-7 menit dan kemudian minum teh adas ini setidaknya dua kali sehari. Itu membantu. 

7. Kamomil

Ambil satu sendok teh bubuk kamomil kering dalam secangkir air panas. Biarkan terendam selama sekitar 5-7 menit. Saring lalu minum 2-3 cangkir teh chamomile ini setiap hari. Ini membantu melepaskan gas perut dan mencegah bersendawa.

8. Kapulaga

Kapulaga adalah salah satu rempah-rempah paling terkenal yang membantu pencernaan dan mencegah perut kembung. Ambil 3-4 buah kapulaga, hancurkan lalu tambahkan ke dalam secangkir air panas. Biarkan terendam selama sekitar 5-7 menit. Saring dan minum setelah makan.

9. Basil

Basil dikenal karena sifat antispasmodik dan karminatifnya. Ambil beberapa lembar daun kemangi, cuci bersih lalu kunyah setiap pagi dengan perut kosong. Ini membantu mencegah pembentukan gas dan sendawa berlebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro