Gejala baru virus Corona salah satunya infeksi Gastrointestinal atau gangguan saluran pencernaan / Boldsky.com
Health

Waspada! Ini 3 Gejala Virus Corona Terbaru

Feni Freycinetia Fitriani
Rabu, 7 April 2021 - 11:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setahun lebih pandemi Covid-19 melanda dunia. Setelah melalui berbagai kejadian, pakar kesehatan dan masyarakat sudah mulai memahami gejala virus Corona atau Covid-19 ketika menginfeksi tubuh.

Mengetahui tentang gejala virus membantu Anda untuk tetap waspada dan mengambil langkah yang diperlukan begitu Anda terinfeksi Covid-19. Demam, kelelahan, atau kehilangan penciuman adalah beberapa gejala umum virus Corona yang diketahui masyarakat.

Namun, daftar tanda peringatan atau gejala virus Corona kini tampaknya lebih panjang dari yang diperkirakan sebelumnya.

Berdasarkan kasus yang meningkat dan beberapa penelitian, baru-baru ini dilaporkan gejala seperti gangguan pendengaran, mata merah muda, dan kondisi gastrointestinal atau lambung bisa menjadi indikasi infeksi Covid-19.

Berikut 3 gejala virus Corona atau Covid-19 terbaru yang perlu Anda waspadai seperti dilansir dari Times of India.

1. Mata Merah muda
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di China, mata merah muda atau konjungtivitis juga bisa menjadi tanda infeksi Covid-19. Virus Corona diprediksi dapat menyebabkan kemerahan, bengkak, dan mata berair.

Dalam studi tersebut, ditemukan bahwa dari semua partisipan, 12 dari mereka yang terinfeksi virus jenis baru menunjukkan gejala konjungtivitis, yang juga dikenal sebagai mata merah muda.

Dari 12 partisipan, sebelas orang dengan tanda konjungtivitis dinyatakan positif Covid-19 melalui usap hidung (swab test) dan dua di antaranya dinyatakan positif melalui usap hidung dan mata.

Satu-satunya penjelasan yang mungkin dapat menetapkan hubungan antara Covid-19 dan mata sejauh ini adalah bahwa mata dapat menyebabkan penularan virus Corona ke paru-paru.

2. Gangguan Pendengaran
Kehilangan pendengaran atau suara dering di telinga juga bisa menjadi tanda infeksi virus Corona yang parah. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Audiology pekan lalu, terungkap bahwa infeksi virus corona dapat menyebabkan masalah pendengaran.

Menyaksikan dering atau suara tak henti-hentinya di salah satu atau kedua telinga Anda disebut sebagai tinnitus. Hal yang paling menjengkelkan, yakni hanya Anda yang bisa mendengar sensasi tidak menyenangkan. Pasalnya, hal itu bukan sesuatu yang diproduksi secara eksternal dan tidak ada orang lain yang bisa mendengarnya.

Beberapa orang bahkan mengalami gangguan pendengaran sementara saat terinfeksi virus Corona. Berdasarkan penelitian, 7,6 persen orang yang terkena Covid-19 mengalami beberapa jenis masalah pendengaran.

3. Infeksi Gastrointestinal
Covid-19 menyebabkan infeksi pada sistem pernapasan bagian atas. Gara-gara hal itu, banyak yang tidak mengaitkan ketidaknyamanan gastrointestinal atau lambung mereka dengan infeksi virus Corona.

Dalam beberapa kasus, peneliti telah mengamati bahwa diare dan muntah bisa menjadi tanda virus Corona. Para ahli di bidang ilmu kedokteran telah memperingatkan agar masyarakat tidak boleh menganggap ringan gejala diare atau muntah di saat dunia sedang terguncang di bawah tekanan dari meningkatnya kasus infeksi.

Sesuai penelitian, Covid-19 terutama memengaruhi sistem pernapasan. Namun, virus tersebut juga dapat berdampak pada organ lain seperti ginjal, hati, dan usus. Manifestasi utama pada hati dan gastrointestinal dapat menyebabkan peningkatan enzim hati, mual, muntah dan diare.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro