Ilustrasi sinusitis
Health

Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Penderita Sinus

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 7 April 2021 - 12:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda sering menderita sakit kepala yang parah disertai dengan sering pilek dan batuk, maka inilah saatnya untuk mencari pertolongan medis karena ini bisa menjadi gejala sinus.

Kita seringkali tidak menyadari beratnya penyakit ini malah akhirnya mengabaikan dan menanggung akibat yang parah. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang penyakit ini dan bagaimana Anda dapat mencegah serta menyembuhkan dengan beberapa pengobatan sederhana.

Sinusitis adalah alergi kronis, yang disebabkan karena pembengkakan pada ruang berlubang dan lapisan jaringan setelah terinfeksi kuman.

Pilek dan sakit kepala adalah dua gejala pilek paling menjengkelkan yang dapat merusak seluruh hari Anda. Bayangkan saja diri Anda bersin terus menerus dan menyeka mata merah basah Anda yang bengkak! Itu berdampak buruk pada tubuh Anda, bukan?

Pilek biasa yang berujung demam disertai sakit kepala, mampet, sakit tenggorokan yang berlangsung lebih dari 3-5 hari perlu penanganan medis yang tepat. Tetapi terkadang ketika Anda tiba-tiba mulai bersin dan setelah mendapatkan reaksi alergi instan, makanan anti-inflamasi mungkin bisa membantu Anda dengan cepat.

Berikut beberapa makanan yang bisa Anda coba untuk menghilangkan gejala sinus dilansir dari Times of India:

1. Air panas

Mulailah pagi Anda dengan segelas air hangat, ditambah dengan sejumput kunyit dan lada hitam. Air hangat akan membantu menenangkan tenggorokan Anda sedangkan kunyit bermanfaat dalam membunuh bakteri dan lada hitam mengurangi peradangan. Ini adalah solusi cepat, yang akan memberikan kelegaan instan pada tubuh Anda dan juga membantu mengurangi sinus.

2. Teh herbal

Untuk menyiapkan teh ini, Anda perlu merebus air, tambahkan lada hitam, cengkeh, daun kemangi, jahe dan bubuk teh. Didihkan dan saring ke dalam cangkir dan tambahkan madu. Teh ajaib ini sangat bermanfaat dalam menyembuhkan sinus, daun kemangi dikenal untuk mengeluarkan lendir sedangkan jahe, madu, cengkeh, lada hitam semuanya kaya akan sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri.

3. Sup ayam

Jika Anda bukan vegetarian, maka minum sup ayam hangat dengan sedikit lada hitam adalah cara terbaik untuk meredakan flu. Kaldu atau sup ayam itu sehat dan juga membantu mengurai hidung tersumbat. Karena berbagai bahan tambahan, ini membantu menenangkan peradangan.

4. Susu hangat dengan kunyit

Ini adalah pengobatan rumahan paling umum yang digunakan di semua rumah tangga India. Kunyit dan susu adalah kombinasi terbaik untuk menyembuhkan segala jenis peradangan, sakit atau flu. Susu memiliki enzim penambah kekebalan sedangkan kunyit memiliki sifat anti bakteri.

Makanan yang harus Anda hindari selama sinus:

1. Yogurt

Dadih memiliki sifat mendinginkan, oleh karena itu sebaiknya dihindari selama dingin atau sinus. Ini akan membuat hidung tersumbat semakin parah dan akan menyebabkan beberapa masalah seperti pilek, sakit kepala, dan sakit tenggorokan.

2. Minuman atau makanan dingin

Minuman dingin atau makanan langsung dari lemari es dilarang keras selama sinus. Anda harus menghindari makanan dengan tambahan gula, ini menghambat sistem kekebalan dan tidak ada gunanya bagi tubuh. Air dingin akan menyebabkan peradangan dan pada akhirnya akan meningkatkan reaksi alergi Anda.

3. Pisang

Sebanyak dianjurkan makan pisang untuk tubuh yang sehat, juga dianjurkan untuk menjauhi pisang saat pilek atau flu. Jika Anda memiliki masalah sinus, jangan makan pisang setelah matahari terbenam. Ini memiliki sifat mendinginkan dan menyebabkan hidung tersumbat, sakit tenggorokan. Selalu tambahkan sedikit garam setelah makan buah, garam akan mencegah hidung tersumbat dan membantu menarik lendir berlebih.

4. Jangan makan buah atau nasi di malam hari:

Nasi bersifat dingin, oleh karena itu, makanan yang menenangkan ini hanya boleh dimakan selama jam makan siang. Makan nasi untuk makan malam akan menyebabkan peradangan dan akan memicu alergi sinus. Hal yang sama berlaku untuk buah-buahan, kebanyakan memiliki efek mendinginkan dan dapat menyebabkan sakit kepala atau pilek. Buah-buahan di malam hari juga tidak dianjurkan, apalagi jika Anda mudah terserang sinus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro