Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Merasa Mual dan Lapar Setelah Disuntik Vaksin? Ini Penyebabnya!

Anda merasa demam, sakit kepala, mual, mengantuk, serta rasa lapar setelah disuntik vaksin Covid-19? Mungkin ini penyebabnya.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 07 April 2021  |  12:54 WIB
Petugas Kesehatan menyuntikan vaksin Covid-19 kepada seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Gelanggang Olahraga Remaja Pekanbaru, Riau, Senin (1/3/2021). - Antara
Petugas Kesehatan menyuntikan vaksin Covid-19 kepada seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Gelanggang Olahraga Remaja Pekanbaru, Riau, Senin (1/3/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Program vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sudah memasuki bulan ketiga sejak Januari 2021.

Mulai dari jajaran pemerintah, tenaga kesahatan sampai warga lanjut usia (lansia) saat ini menjadi prioritas dari pemberian vaksin Covid-19.

Banyak isu yang beredar di masyarakat terkait vaksinasi Covid-19. Salah satunya kabar soal tubuh merasa sakit setelah disuntik vaksin. Selain itu, gejala yang timbul setelah disuntik vaksin Covid-19, antara lain demam, sakit kepala, mual, mengantuk, serta rasa lapar.

Ternyata gejala-gejala setelah mendapat suntikan vaksin atau imunsasi disebut juga dengan istilah KIPI. Lantas, apa itu KIPI ?

Dilansir dari akun Twitter Kementerian Kesehatan (@KemenkesRI), KIPI merupakan gejala medis, terjadi setelah imunisasi, dan diduga terkait dengan imunisasi atau vaksinisasi.

Reaksi yang timbul pada umumnya, yaitu sakit kepala, mual, mengantuk, dan lapar. Namun, hal itu merupakan gejala yang masih wajar dan menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan.

“Merasa pusing, mual atau lapar setelah divaksinasi? Tenang, ini termasuk kejadian wajar sebagai bentuk respons tubuh terhadap vaksin yg disuntikkan. Namun apabila kamu mengalami gejala serius segera laporkan kejadiannya ke http://keamananvaksin.kemkes.go.id. atau fasyankes terdekat ya.” Cuit akun @kemenkesRI, Rabu (07/04).

Jadi, untuk masyarakat yang baru saja divaksin dan merasa mual atau pusing mungkin Anda terkena KIPI.

Jika gejala itu semakin parah dan berlangsung lama, Anda bisa langsung menghubungi ke posko Satgas Covid-19 atau fasilitas tenaga kesehatan terdekat.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top