Ampas kopi untuk tanaman
Relationship

5 Cara Memanfaatkan Ampas Kopi untuk Tanaman

Janlika Putri Indah Sari
Selasa, 13 April 2021 - 16:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Sudah tidak aneh lagi bila menyeruput kopi di pagi hari akan menjadi energi harian.

Kemudian, bubuk dari ampas kopi sering kali terabaikan begitu saja.

Namun jangan dulu di buang, ampas bubuk kopi dapat dimanfaatkan menjadi beberapa hal bermanfaat. Salah satunya adalah memanfaatkannya untuk berkebun.

Melansir dari houseofbeautiful,
bubuk kopi dapat menghasilkan keajaiban di luar pada tanaman, bunga, dan tumpukan kompos.

Dengan musim semi yang berjalan lancar, Coffee Direct telah mengungkapkan cara memberikan kesegaran pada taman dengan hanya menggunakan bubuk kopi.

Jika digunakan dengan benar, kopi dapat menjadi tambahan yang bagus untuk tanaman luar ruangan, terutama dalam hal menangkal serangga yang mengganggu dan membuat mulsa.


Berikut hal yang dapat dimanfaatkan dari ampas kopi untuk tanaman:



1. Buatlah Pupuk Lepas Lambat

Bubuk kopi bisa menjadi pupuk yang bagus karena mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Wortel, azalea, dan mawar semuanya mendapat manfaat dari tanahnya, jadi cukup taburkan beberapa langsung ke tanah.


Lewis Spencer, pakar kopi di Coffee Direct, mengatakan bubuk kopi menambahkan bahan organik ke tanah, membantu retensi air, aerasi, dan drainase. Kopi encer yang tersisa dapat membuat pupuk tanaman cair juga. Campurkan dua cangkir bubuk kopi yang diseduh dengan lima galon air dalam ember, dan diamkan semalaman.

2. Beri makan cacing
Cacing menyukai bubuk kopi. Karena mereka tidak memiliki gigi, kopi memberikan zat berpasir di usus mereka yang membantu mereka mengunyah makanan. Jika Anda membuat pupuk vermikomposting, pertimbangkan untuk menambahkan secangkir bubuk kopi per minggu, serta filter kertas juga. Makhluk-makhluk yang menggeliat mungkin menyukai barang-barang itu, tetapi berhati-hatilah pada takarannya. Tambahkan sedikit kopi setiap hari untuk mencegah mereka menjadi tidak sehat.

3. Mencegah keong dan siput

Kopi adalah obat rumahan yang sangat baik untuk secara alami menjauhkan siput dan keong yang menganggu tanaman. Untuk melakukan ini, cukup sebarkan ampas kopi pada tanah di sekitar tanaman. Meskipun tidak membahayakan, binatang tersebut permukaannya kasar sehingga akan membuat tanaman tidak tumbuh subur.

4. Tambahkan ke kompos Anda
Bubuk kopi adalah sumber nitrogen yang sangat baik untuk pengomposan. Jadi pastikan untuk menambahkannya di tumpukan kompos. Kelembaban adalah bagian penting dari proses pengomposan dan bisa didapatkan dari sisa kopi hitam.


Kompos yang baik mengandung campuran bahan coklat dan hijau. Bahan coklat seperti daun kering, serbuk gergaji dan koran membawa karbon ke dalam campuran.
Bahan hijau seperti daun teh dan potongan rumput yang menawarkan nitrogen dan protein.
Aturan praktisnya adalah memiliki rasio 4: 1 dari bahan kompos coklat dan hijau.
Ampas kopi termasuk dalam kategori hijau yang berarti kaya akan nitrogen sekitar 1,45 persen.

5. Mulsa
Mulsa merupakan material penutup tanaman yang umumnya digunakan untuk mempertahankan kelembapan di dalam tanah. Dengan menggunakan mulsa dapat membantu menjaga taman terlihat rapi dan rapi.
Cukup campur ampas kopi dengan cetakan daun untuk membuat mulsa. Menurut Coffee Direct, kombinasi tersebut akan mengurangi risiko terbentuknya gumpalan yang bisa menjadi penghalang air dan menekan pertumbuhan tanaman Anda. Lewis menyarankan karena tanaman bisa sensitif terhadap kafein, hindari membuat lapisan tebal. Menggunakan campuran ukuran partikel akan meningkatkan struktur yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro