Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Latihan Pernapasan Bisa Kurangi Stres dan Gejala Covid-19

Latihan pernapasan bisa membantu mengurangi gejala infeksi virus corona dan stres yang memengaruhi sistem pernapasan.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 14 April 2021  |  12:06 WIB
Berjemur pada pagi hari sebagai salah satu cara mendapat vitamin D. Latihlah sistem pernapasan untuk menjaga kesehatan paru-paru, sekaligus mengurangi stres dan gejala Covid-19 - Istimewa
Berjemur pada pagi hari sebagai salah satu cara mendapat vitamin D. Latihlah sistem pernapasan untuk menjaga kesehatan paru-paru, sekaligus mengurangi stres dan gejala Covid-19 - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA  - Latihan pernapasan bisa memperkuat paru-paru dan dapat mengurangi dampak dari infeksi setelah terinfeksi virus corona (Covid-19).

Mengutip dari Healthline, Rabu (14/4/2021), latihan pernapasan tentunya tidak akan bisa mencegah infeksi virus corona, tetapi bisa membantu mengurangi gejala yang memengaruhi sistem pernapasan Anda.

Latihan pernapasan juga berguna untuk mengurangi stres yang mungkin Anda rasakan di tengah pandemi ini. Bagaimana latihan pernapasan dapat membantu mengatasi Covid-19?

Seperti yang kita ketahui, virus corona memiliki gejala yang berbeda pada orang yang berbeda. Peradangan pada paru-paru dan saluran udara adalah gejala umum yang membuat sulit bernapas. 

Orang yang sakit parah karena Covid-19 dapat mengalami pneumonia sebagai akibatnya. Hal ini menyebabkan paru-paru terisi oleh cairan dan lendir, membuatnya semakin sulit untuk bernapas dan mendapatkan oksigen yang dibutuhkan tubuh Anda untuk berfungsi.

Jika Anda memiliki kondisi seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) atau asma sedang hingga berat, Anda mungkin sudah mengalami penurunan kapasitas paru-paru dan kesulitan bernapas. Kondisi ini menyebabkan radang paru-paru kronis, yang dapat memburuk secara signifikan pada orang yang terkena virus corona.

Covivd-19 bisa mempengaruhi seluruh saluran pernapasan, yang selanjutnya menghalangi aliran udara. Dapat memicu serangan asma dan menyebabkan sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS). Latihan pernapasan dalam yang membersihkan paru-paru dan memperkuat fungsi paru-paru mungkin sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan kondisi ini.

Latihan pernapasan membawa oksigen jauh ke dalam paru-paru, yang membantu Anda membersihkan lendir dan cairan lainnya.

Selama pemulihan, latihan pernapasan bekerja untuk memperkuat diafragma, otot pernapasan utama yang terletak di bawah paru-paru. Ini juga dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru, membawa oksigen yang sangat dibutuhkan ke dalam aliran darah Anda.

Latihan pernapasan dalam juga membantu Anda merasa tenang, yang mungkin bermanfaat untuk mengatasi penyakit dan pemulihan jangka panjang.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin napas Virus Corona Covid-19 Vaksin Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top