Ilustrasi kanker darah/Istimewa
Health

Apa itu Penyakit Polisitemia Vera yang Diidap Ustaz Zacky Mirza?

Newswire
Rabu, 21 April 2021 - 09:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar Ustaz Zacky Mirza yang pingsan saat sedang mengisi acara di sebuah masjid di Pekanbaru, Riau, Minggu, 18 April, telah menarik perhatian publik. Bahkan sampai ada isu ia meninggal dunia yang ternyata tak terbukti kebenarannya.

Selain karena kelelahan, Zacky juga punya riwayat penyakit langka polisitemia vera (PV). Apa itu?

Menurut WebMD, PV adalah sejenis kanker darah yang berawal dari sumsum tulang belakang, sebuah pusat lunak di mana sel-sel darah baru terbentuk. Akibatnya sumsum memproduksi terlalu banyak sel darah sehingga darah pun mengental. Dampaknya, penderita akan mengalami penggumpalan darah, stroke, atau serangan jantung.

Perkembangan penyakit langka ini tergolong lambat, bisa bertahun-tahun, namun bisa mengancam nyawa bila tidak diobati. Pengobatan yang tepat akan memberi peluang hidup lebih lama. Kebanyakan orang yang terdiagnosis penyakit ini baru mengetahuinya setelah berusia 60 tahun atau lebih, kala mereka sudah mulai rutin melakukan tes darah. Namun, PV bisa menyerang usia lebih muda, dan lebih banyak pada laki-laki.

Sumsum tulang memproduksi sel darah merah, sel darah putih, trombosit. Sel darah merah bertugas membawa oksigen, sel darah putih melawan infeksi, dan trombosit membekukan darah untuk menghentikan pendarahan. Penderita PV memiliki terlalu banyak sel darah merah, tapi bisa juga menyebabkan terlalu banyak sel darah putih. Gejalanya adalah:

-Sakit kepala
-Pandangan kabur
-Gatal di sekujur tubuh, terutama setelah terkena air panas
-Berkeringat, terutama di malam hari
-Wajah merah seperti habis terbakar sinar matahari
-Lemah
-Pusing
-Berat badan turun
-Napas tersengal
-Kesemutan atau rasa panas pada tangan atau kaki
-Nyeri persendian

Karena tandanya penggumpalan darah, komplikasi polisitemia vera adalah serangan jantung, stroke, dan bisa juga pembengkakan liver dan limpa, bahkan masalah pencernaan dan batu ginjal. Komplikasi yang lebih serius adalah leukemia. Demikian, sekilas informasi pengenai PV yang diidap Zacky Mirza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro