Piala Oscar. /Academyaward.com
Entertainment

Hati-hati Phising Berkedok Situs Streaming Film Nominasi Oscar, Ini Tips Menghindarinya

Rezha Hadyan
Selasa, 27 April 2021 - 13:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda penggemar film sebaiknya berhati-hati apabila hendak menonton film yang masuk dalam nominasi Piala Oscar 2021.

Karena perusajaan keamanan siber Kaspersky menemukan beberapa situs web phishing yang menawarkan menonton film masuk nominasi Oscar secara cuma-cuma. Diketahui bahwa kategori Film Terbaik atau Best Picture dimanfaatkan penjahat siber untuk menebar phishing.

Mengutip keterangan resmi Kaspersky pada Rabu (27/4/2021), penjahat siber diketahu menawarkan situs gratis untuk menonton "Mank", "Minari", "Judas and the Black Messiah", "Nomadland", "The Trial of the Chicago 7", "Promising Young Woman", "Sound of Metal" dan "The Father".

Situs tersebut akan memutar film selama beberapa menit. Akan tetapi di tengah pemutaran film penonton diminta untuk mendaftar agar film tersebut bisa dilanjutkan.

Mereka diminta untuk memasukkan lokasi tempat tinggal dan rincian kartu perbankan. Setelah itu, uang di akun perbankan akan dipotong, akan tetapi film tidak berlanjut diputar.

Kaspersky melihat penjahat siber berupaya mencuri data korban dengan phishing film peraih Oscar 2021 ini.

Sebagian besar berkas berbahaya menyamar dalam film "Judas and The Black Messiah", "Promising Young Woman" dan "Trial of the Chicago 7".

Agar tidak terjebak phishing seperti ini, Kaspersky menyarankan warganet untuk teliti memeriksa situs sebelum memasukkan data pribadi dan hanya menonton dari situs resmi.

Ketika mengunduh film, pastikan berkas tidak berekstensi .exe atau .msi.

Warganet juga sebaiknya menghindari situs yang menawarkan video singkat awal film, kecuali memang berasal dari penyedia layanan streaming yang resmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro