Ilustrasi seranga jantung/istimewa
Health

Waspada, Kebanyakan Minum Kopi bisa Sebabkan Masalah Jantung

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 4 Mei 2021 - 10:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa terlalu banyak kopi dapat merusak jantung Anda kesehatan.

Dalam studi genetik pertama di dunia, para peneliti dari Pusat Kesehatan Presisi Australia di University of South Australia menemukan bahwa konsumsi kopi dalam jangka panjang dan berat - enam cangkir atau lebih sehari - dapat meningkatkan jumlah lipid (lemak) dalam tubuh Anda, darah untuk secara signifikan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular (CVD).

Yang terpenting, korelasi ini bersifat positif dan bergantung pada dosis, artinya semakin banyak kopi yang Anda minum, semakin besar risiko CVD. Ini adalah pil pahit, terutama bagi pecinta kopi, tetapi menurut peneliti UniSA, Profesor Elina Hypponen, itu harus kita telan jika ingin menjaga kesehatan jantung kita.

"Memang ada banyak debat ilmiah tentang pro dan kontra kopi, tetapi meskipun tampaknya kita melewati jalan lama, penting untuk memahami sepenuhnya bagaimana salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia dapat memengaruhi kesehatan kita," kata Profesor Hypponen diansir dari Time Now News.

"Dalam studi ini, kami melihat hubungan genetik dan fenotipik antara asupan kopi dan profil lipid plasma kolesterol dan lemak dalam darah Anda - menemukan bukti kausal bahwa kebiasaan konsumsi kopi berkontribusi pada profil lipid yang merugikan yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, tambah Profesor Hypponen.

Profesor Hypponen lebih lanjut mencatat, kadar lipid darah yang tinggi merupakan faktor risiko yang diketahui untuk penyakit jantung, dan yang menarik, karena biji kopi mengandung senyawa peningkat kolesterol yang sangat kuat (kafestol), penting untuk memeriksanya bersama-sama.

Cafestol terutama hadir dalam minuman tanpa filter, seperti pers Prancis, kopi Turki dan Yunani, tetapi juga dalam espresso, yang merupakan basis untuk sebagian besar kopi buatan barista, termasuk latte dan cappuccino. Tidak ada atau sangat sedikit kafestol dalam kopi saring dan instan, jadi soal efek pada lipid, itulah pilihan kopi yang baik.

"Implikasi dari penelitian ini berpotensi menjangkau luas. Menurut saya, sangat penting bagi orang-orang dengan kolesterol tinggi atau yang khawatir terkena penyakit jantung untuk berhati-hati dalam memilih jenis kopi yang mereka minum," kata Profesor Hypponen.

Yang penting, hubungan kopi-lipid bergantung pada dosis - semakin banyak Anda minum kopi tanpa filter, semakin meningkatkan lipid darah Anda, menempatkan Anda pada risiko penyakit jantung yang lebih besar.

Secara global, diperkirakan 3 miliar cangkir kopi dikonsumsi setiap hari. Penyakit kardiovaskular adalah penyebab kematian nomor satu di dunia, merenggut sekitar 17,9 juta jiwa setiap tahun. Studi ini menggunakan data dari 362.571 peserta Biobank Inggris, berusia 37-73 tahun, menggunakan triangulasi pendekatan fenotipik dan genetik untuk melakukan analisis komprehensif.

Profesor Hypponen mengatakan bahwa lebih baik juga memilih kopi yang disaring jika memungkinkan dan berhati-hatilah terhadap kebiasaan makan berlebihan, terutama ketika berhubungan dengan stimulan seperti kopi.

“Penelitian kami menunjukkan, kopi berlebih jelas tidak baik untuk kesehatan jantung, yang tentunya berimplikasi pada mereka yang sudah berisiko," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro