Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Sesudah Vaksin Covid-19

Agar vaksin berjalan dengan baik, diperlukan pula asupan makanan yang mendukung efektifitas.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 04 Mei 2021  |  13:17 WIB
Kunyit.  - Litbang Kemendagri
Kunyit. - Litbang Kemendagri

Bisnis.com, JAKARTA— Upaya vaksinasi untuk meminimalkan kemungkinan terinfeksi oleh lonjakan virus Covid 19 telah dilakukan seluruh dunia.

Agar vaksin berjalan dengan baik, diperlukan pula asupan makanan yang mendukung efektifitas.

Melansir dari timesofindia, berikut adalah makanan penting untuk dikonsumsi sebelum dan sesudah vaksin Covid- 19 yang akan meminimalkan kemungkinan efek samping.

5 makanan penting yang baik dikonsumsi sebelum vaksinasi :

1. Kunyit

Mengandung senyawa berwarna kuning atau disebut kurkumin yang sering digunakan untuk sumber makanan dan produk perawatan kecantikan. Kunyit biasanya digunakan untuk berbagai kondisi termasuk siksaan dan kejengkelan. Ini semacam makanan anti-stres karena melindungi otak seseorang dari stres dan sangat penting sebelum vaksinasi. Seseorang dapat mengkonsumsinya dengan susu atau dicampur dengan resep yang berbeda.

2. Bawang Putih

Bawang putih luar biasa untuk meningkatkan kerentanan dan memberi makan organisme mikroskopis usus besar. Bang putih kaya akan probiotik yang memberi makan probiotik atau organisme mikroskopis hebat di usus. Selain itu dapat mencegah dampak gabungan pada penurunan kolesterol dan denyut nadi. Dan mengandung agen pencegahan kanker yang mencegah kerusakan sel.

3. Jahe

Jahe dapat membantu tubuh menangkis penyakit yang sedang berlangsung seperti hipertensi, penyakit koroner, dan infeksi paru-paru, selain itu untuk memajukan pertumbuhan yang solid. Karena jahe membantu mengurangi stres, seseorang harus mengkonsumsinya sebelum mengambil vaksin untuk mengurangi stres.

4. Sayuran hijau

Sayuran berperan penting dalam ketahanan pangan dan kesehatan. Sayuran hijau tdianggap sebagai hotspot yang sangat baik untuk nutrisi, mineral, dan senyawa fenolik. Suplemen mineral seperti zat besi dan kalsium lebih tinggi pada sayuran hijau daripada biji-bijian pada makanan pokok. Sayuran seperti bayam, kangkung, dan brokoli mengandung zat pencegah kanker yang tinggi, yang melawan iritasi yang entah bagaimana akan menyebabkan hasil negatif.

5. Buah segar

Makanan berdaun aqtau buah segar mengandung nutrisi, mineral, dan senyawa sintetis tumbuhan yang signifikan. Mereka juga mengandung serat. Ada banyak jenis buah yang tersedia dan banyak cara untuk merencanakan, memasak, dan menyajikannya. Buah jadi salah satu bahan penting untuk memberikan dorongan itu ke tubuh seseorang sebelum mengambil vaksin.

5 makanan penting yang harus dikonsumsi pasca vaksinasi :

1. Blueberry

Sarat dengan penguat sel dan phyto flavinoid, buah beri ini juga tinggi kalium dan nutrisi C. Mereka juga membantu meningkatkan kadar serotonin. Ini adalah makanan yang sangat dibutuhkan setelah vaksinasi.

2. Sup Kaldu Ayam / Sayuran

Pencernaan mengambil peran yang sangat mendesak dalam menjaga kesehatan secara umum, termasuk reaksi tahan banting. Untuk mendukung kerentanan tubuh, penting untuk menjaga usus. Anda dapat mengemas makanan ini dengan pilihan sayuran, mengurangi rasa, dan perbanyak serat. Ini adalah makanan yang sangat dibutuhkan yang harus disertakan setelah vaksinasi.

3. Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung suplemen yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Diproduksi dengan menggunakan biji pohon kakao, ini mungkin sumber terbaik dari agen pencegahan kanker di dunia. Penelitian menunjukkan bahwa coklat hitam dapat meningkatkan kesehatan dan menurunkan bahaya penyakit koroner.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun murni juga dapat melindungi tubuh dari diabetes dan penyakit saraf. Korosif oleat, atau lemak tak jenuh yang paling terlihat dalam minyak zaitun telah terbukti mengurangi penanda api seperti protein yang responsif terhadap C.

5. Brokoli

Sebuah penelitian oleh Nutrition Research menemukan bahwa mengonsumsi brokoli kukus secara konsisten menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan mengurangi jumlah keseluruhan kolesterol dalam tubuh. Investigasi lain di AS juga menemukan bahwa menambahkan sayuran dalam pola makan, terutama sayuran brokoli, dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Brokoli bisa dikonsumsi dimasak dengan makanan atau dikukus.

Hal-hal yang harus dihindari:
• Merokok
• Mengambil vaksin dengan perut kosong
• Alkohol
• Minuman berkafein

Hal yang harus dilakukan:
• Pastikan Anda minum banyak cairan.
• Anda dapat memeriksakan diri ke dokter dan kemudian mengambil beberapa parasetamol untuk membantu meringankan sensasi ini.
• Jika gejala lebih parah, atau berlangsung lebih dari seminggu, beri tahu petugas kesehatan yang memberi vaksin atau kunjungi rumah sakit terdekat.
Namun, tidak ada aturan yang tegas tentang jenis makanan yang cocok dan akuran yang tepat bagi setiap keadaan individu. Jadi dalam keadaan seperti itu, seseorang harus menghubungi dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan gambaran mendalam tentang jenis makanan yang mungkin cocok untuk individu tertentu sebelum dan sesudah vaksinasi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan sehat Vaksin Covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top