Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mana yang Benar, Sikat Gigi Setelah atau Sebelum Sarapan?

Kebiasaan gigi membantu menjaga kesehatan mulut dan menjaga kecerahan senyum Anda. Untuk menjaga gigi tetap kuat dan bebas dari berlubang, disarankan menggosoknya dua kali sehari selama minimal 2 menit. Kapan harus benar-benar menyikat gigi?
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 12 Mei 2021  |  20:51 WIB
Ilustrasi. Mencuci gigi dengan pasta gigi berfluorida di pagi hari membantu menghilangkan plak dan bau mulut. Selain itu, untuk melindungi email gigi dari asam dengan menciptakan penghalang.  - Vadentist
Ilustrasi. Mencuci gigi dengan pasta gigi berfluorida di pagi hari membantu menghilangkan plak dan bau mulut. Selain itu, untuk melindungi email gigi dari asam dengan menciptakan penghalang. - Vadentist

Bisnis.com, JAKARTA - Kebiasaan menyikat gigi yang baik membantu menjaga kesehatan mulut dan menjaga kecerahan senyum Anda. Untuk menjaga gigi tetap kuat dan bebas dari gigi berlubang, disarankan menggosoknya dua kali sehari selama minimal 2 menit. Akan tetapi, kapan harus benar-benar menyikat gigi?

Sebagian besar orang, untuk menghadapi masalah nafas pagi yang kurang sedap akan segera bergegas untuk menyikat gigi saat bangun tidur.
Itu salah satu kebiasaan umum yang telah dipelajari sejak masa kanak-kanak. Namun ada juga sekelompok orang yang percaya bahwa membersihkan gigi setelah makan pagi akan membersihkan mulut dan menyegarkan nafas.

Melansir dari timesofindia, Rabu (12/5/2021) Menurut beberapa ahli di bidang kedokteran gigi, menyikat gigi setelah sarapan jauh lebih bermanfaat bagi enamel gigi dan kesehatan mulut secara keseluruhan. Menurut beberapa penelitian, saat tidur di malam hari, bakteri penyebab plak berkembang biak dengan cepat di mulut akan membuat mulut bau di pagi hari.

Mencuci gigi dengan pasta gigi berfluorida di pagi hari membantu menghilangkan plak dan bau mulut. Selain itu, untuk melindungi email gigi dari asam dengan menciptakan penghalang.

Menyikat di pagi hari juga meningkatkan produksi air liur yang membantu memecah makanan dan menghancurkan bakteri berbahaya yang ada di mulut.

Beberapa ahli gigi menganjurkan, membersihkan gigi sebelum makan pertama agar tidak meninggalkan partikel makanan dari makan pagi di mulut Anda, dan dalam waktu lama dapat mendorong pertumbuhan bakteri.

Namun, jika Anda memilih untuk membersihkan gigi setelah sarapan pagi maka Anda harus menunggu setidaknya 30 menit setelah mengonsumsi makanan asam. Roti, buah kering, buah jeruk, kopi semuanya bersifat asam dan Anda harus berhati-hati saat membersihkan gigi setelah mengonsumsinya. Menunggu beberapa saat diperlukan untuk melindungi gigi dan enamel Anda.

Menyikat gigi dua kali tidak akan membantu jika tidak melakukannya dengan benar. Berikut cara membersihkan gigi yang benar :

Langkah 1: Basahi kepala sikat dan tambahkan sedikit pasta gigi berfluorida ke dalamnya.

Langkah 2: Secara perlahan, pindahkan sikat ke setiap sudut gigi Anda. Lakukan selama 2 menit dan cobalah untuk tidak memberikan terlalu banyak tekanan.

Langkah 3: Keluarkan pasta gigi yang tersisa dan bilas mulut Anda dengan air.

Langkah 4: Sikat lidah Anda untuk membersihkan bakteri atau gunakan pengikis lidah.

Langkah 5: Bilas dengan baik, lalu gunakan obat kumur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sikat gigi kesehatan gigi
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top