Ilustrasi/Sheknows
Health

Disinfeksi Sikat Gigi Anda untuk Cegah Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 24 Januari 2021 - 15:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Jumlah kasus positif melonjak di seluruh dunia di antara mereka yang belum divaksinasi.

Ini membuat semakin penting untuk melindungi diri sendiri.

Temuan dari sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa selain dari tindakan pengamanan rutin Anda, mengikuti kebiasaan kebersihan tertentu juga dapat melindungi Anda dari COVID-19. Salah satunya mendisinfeksi sikat gigi Anda.

Bayangkan Anda adalah pembawa tanpa gejala dan Anda menggunakan tempat yang sama untuk menyimpan sikat gigi sebagai keluarga Anda. Kemungkinan sikat gigi Anda menyebarkan COVID ke keluarga Anda menjadi sangat tinggi.

Karena itu, menurut temuan peneliti Brasil, mendisinfeksi sikat gigi bisa menjadi cara baru untuk tetap aman.

Dalam studi yang diterbitkan dalam Journal of Infectious Diseases, para peneliti menunjukkan bahwa sikat gigi kita dapat "bertindak sebagai reservoir mikroorganisme", yang dapat dengan mudah menularkan penyakit dari orang yang sakit ke orang yang sehat.

Pengungkapan ini cukup mencengangkan, terutama viral load virus yang tinggi dapat ditemukan di air liur, nasofaring, dan orofaring.

Oleh karena itu, desinfeksi sikat gigi dan kebersihan mulut harus dilakukan untuk mengendalikan penularan virus, terutama pada kasus tanpa gejala atau mereka yang menunggu hasil tes COVID-19.

Ini bukan studi pertama yang menunjukkan bahwa pertukaran air liur dapat menyebabkan penularan virus. Sesuai penelitian yang diterbitkan pada Juli 2020 di Journal of Infectious Diseases, beberapa obat kumur dapat mengurangi viral load strain COVID dalam air liur.

Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan larutan antiseptik yang mengandung etanol dan minyak atsiri, dapat sangat membantu dalam menurunkan jumlah virus COVID dalam air liur.

Cara mendisinfeksi sikat gigi Anda

Peneliti Brazil menyimpulkan bahwa untuk mendisinfeksi sikat gigi, penting untuk merendamnya dalam obat kumur selama 20 menit.

Namun, dalam penelitian sebelumnya, ditunjukkan bahwa seseorang hanya perlu meminum larutan selama 30 detik untuk mengurangi viral load yang ada di mulut. Untuk sikat gigi, waktunya lebih tinggi karena adanya bulu dan kelembapan.

Mencelupkan sikat gigi ke dalam larutan saja tidak cukup untuk mengurangi risiko infeksi. Untuk memastikan perlindungan lengkap, para peneliti menetapkan enam langkah untuk menyelesaikan tugas kebersihan.

Langkah 1: Cuci tangan Anda dengan air dan sabun atau desinfektan dengan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 70 persen alkohol.

Langkah 2: Setelah ini, desinfeksi pegangan sikat gigi Anda dengan alkohol 70 persen selama satu menit.

Langkah 3: Sikat gigi Anda.

Langkah 4: Setelah selesai membersihkan gigi, cuci sikat dan desinfektan gagang dengan alkohol 70 persen lagi selama satu menit.

Langkah 5: Rendam kepala sikat Anda dalam larutan pembersih etanol dan minyak esensial dan biarkan selama 20 menit.

Langkah 6: Biarkan sikat Anda mengering, lalu simpan dari tempat lain.

Mendisinfeksi sikat sangat penting untuk orang yang tinggal bersama di rumah dan berbagi kamar mandi bersama. Penularan virus di antara orang-orang yang hidup di bawah satu atap cukup tinggi. Jadi, jika Anda sedang menunggu hasil tes Anda, desinfeksi sikat gigi Anda dan pisahkan untuk memastikan keselamatan orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro