Kentaro Miura
Entertainment

Seniman Manga Kentaro Miura Meninggal Dunia

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 21 Mei 2021 - 10:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kentaro Miura adalah seorang seniman manga Jepang. Dia terkenal karena manga fantasi gelapnya yang terkenal Berserk, yang memulai serialisasi pada tahun 1989 dan berlanjut sampai kematiannya.

Dia meninggal dunia pada 6 Mei 2021 pada usia 54 tahun, diakibatkan oleh Aneurisma Aorta atau pecah pembuluh aorta.

Pada 20 Mei 2021, Hakusensha mengumumkan bahwa Miura telah meninggal pada 6 Mei 2021, karena diseksi aorta akut. Sebuah upacara pribadi diadakan oleh keluarganya. Berbagai seniman manga menyampaikan belasungkawa, termasuk George Morikawa, Hiro Mashima, Rei Hiroe, Hebi-Zou, Ken Akamatsu, Chica Umino, Makoto Yukimura dan Atsushi Ohkubo. Susumu Hirasawa, komposer untuk adaptasi anime televisi tahun 1997 dari Berserk, dan penyanyi Yoshino Nanjo juga menyampaikan belasungkawa.

Ribuan pemain online berkumpul bersama di Final Fantasy XIV untuk meratapi Miura, dengan banyak yang bermain sebagai kelas Dark Knight, yang sangat terinspirasi oleh protagonis Berserk.

Miura adalah seniman manga yang cukup terkenal. Pada 2021, Berserk memiliki lebih dari 50 juta eksemplar yang beredar, menjadikannya salah satu seri manga terlaris sepanjang masa. Pada tahun 2002, Miura menerima Penghargaan Budaya Tezuka Osamu.

Pada tahun 1985, Miura mendaftar untuk ujian masuk perguruan tinggi seni di Universitas Nihon. Dia menyerahkan proyeknya Futanabi untuk diperiksa dan diberikan izin masuk. Proyek ini kemudian membuatnya mendapatkan nominasi sebagai Penulis Baru Terbaik di Majalah Weekly Shonen. Karya serial pertama Miura, Noa, diterbitkan di majalah, tetapi tidak berhasil. Pada tahun 1988, saat bekerja untuk Buronson pada proyek berjudul Oro (? ?, lit. "King of Wolves"),

Miura menerbitkan prototipe Berserk di Gekkan ComiComi karya Hakusensha. 

Prototipe 48 halaman ini menempati posisi kedua pada hadiah Sekolah-Manga ComiComi ke-7. Serialisasi penuh Berserk, yang pada akhirnya merupakan karya Miura yang paling terkenal dan sukses, dimulai di Rumah Hewan Bulanan Hakusensha pada tahun 1989. Pada tahun 1990, prekuel dari Oro berjudul Oro Den diterbitkan di majalah.  Pada tahun 1992, Rumah Hewan Bulanan diubah namanya menjadi Hewan Muda, di mana Berserk melanjutkan serialisasi. Di tahun yang sama, Miura berkolaborasi dengan Buronson di Jepang, juga diterbitkan di Young Animal.

Pada tahun 1997, Miura mengawasi produksi adaptasi anime Berserk yang terdiri dari 25 episode yang diproduksi oleh OLM, Inc., yang ditayangkan pada tahun yang sama di NTV. Dia juga mengawasi video game Dreamcast 1999 Sword of the Berserk: Guts 'Rage. Pada tahun 2002, Miura menerima tempat kedua di Penghargaan Budaya Tezuka Osamu tahunan untuk seri tersebut. 

Mulai tahun 2006, Berserk melanjutkan hiatus yang sering dan sering diperpanjang, bergantian antara serialisasi bulanan dan tidak teratur. Pada 2018, seri ini telah dikumpulkan dalam 40 volume tankobon, dan pada Mei 2021 telah lebih dari 50 juta eksemplar beredar di seluruh dunia, termasuk versi digital. Serial ini juga melahirkan berbagai merchandise, baik resmi maupun buatan penggemar, mulai dari patung, action figure hingga gantungan kunci, video game, dan game trading card. Berbagai buku seni dan materi tambahan oleh Miura berdasarkan Berserk juga dirilis.

Pada 2013, Miura merilis manga mandiri pendek Gigantomakhia, dirilis ke wilayah berbahasa Inggris sebagai Giganto Maxia oleh penerbit Dark Horse pada 2016.

Duranki, manga pendek yang diproduksi oleh studio manga pribadi Miura, Studio Gaga, diserialkan di Young Animal Zero pada tahun 2019

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro