Daging merah berprotein/boldsky.com
Health

Waspada, 7 Bahan Makanan Ini Bisa Bikin Keracunan

Ni Luh Anggela
Rabu, 2 Juni 2021 - 10:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tahukah Anda, bahan makanan jika tidak diolah dengan benar dapat menyebabkan keracunan?

Bahan makanan seperti makanan mentah yang berasal dari hewan, buah dan sayuran sangat mungkin terkontaminasi oleh kuman berbahaya. Untuk menghindari kuman berbahaya yang berasal dari bahan makanan, Anda bisa mulai dengan mencari informasi cara mengolah bahan makanan dengan baik.

Berikut cara mengolah bahan makanan dengan benar agar Anda terhindar dari keracunan makanan, melansir CDC, Rabu (2/6/2021).

1. Ayam, Daging Sapi, Daging Babi dan Kalkun

Daging atau unggas yang mentah dan kurang matang dapat membuat Anda sakit. Hal ini dikarenakan sebagian besar unggas mentah mengandung Campylobacter. Daging mentah juga mungkin mengandung bakteri Salmonella, Clostridium perfringens, E. coli dan bakteri lainnya.

· Anda tidak boleh mencuci unggas atau daging mentah sebelum memasaknya, meskipun beberapa resep mungkin menyarankan untuk mencucinya terlebih dahulu. Mencuci unggas atau daging mentah dapat menyebabkan bakteri berpindah ke makanan, peralatan dan permukaan lain.

· Masak daging atau unggas sampai matang menyeluruh. Dengan memasak sampai matang, Anda dapat membunuh bakteri yang ada pada daging dan unggas.

· Gunakan termometer memasak untuk memeriksa suhu. Anda tidak dapat mengetahui apakah daging dimasak dengan benar dengan melihat warnanya.

· Sisa makanan harus didinginkan pada 40 derajat F atau lebih dingin dalam dua jam setelah persiapan. Potongan daging besar, seperti panggang atau kalkun utuh, harus dibagi menjadi jumlah kecil untuk didinginkan sehingga mereka akan cukup cepat dingin untuk mencegah bakteri tumbuh.

2. Buah dan Sayuran

Mengonsumsi produk segar memberikan manfaat kesehatan yang penting, tetapi kadang-kadang buah dan sayuran mentah dapat menyebabkan keracunan makanan dari kuman berbahaya seperti Salmonella, E. coli dan Listeria. Buah-buahan dan sayuran segar dapat terkontaminasi di mana saja sepanjang perjalanan dari pertanian ke meja dapur. Karena itu, sebelum di konsumsi, pastikan untuk mencucinya dengan bersih, dan tempatkan di tempat yang bersih.

3. Produk Susu Mentah

Anda bisa terserang penyakit apabila mengonsumsi susu mentah, termasuk keju lembut, es krim, dan yogurt. Itu karena susu mentah dapat membawa kuman berbahaya, termasuk Campylobacter, Cryptosporidium, E. coli, Listeria dan Salmonella.

· Pastikan susu mentah dibuat melalui proses pasteurisasi, yang membutuhkan cukup panas untukwaktu yang cukup lama untuk membunuh kuman penyebab penyakit.

· Sebagian besar manfaat nutrisi minum susu mentah juga tersedia dari susu pasteurisasi tanpa risiko.

· Meskipun infeksi Listeria sangat jarang, bakteri ini dapat menyerang wanita hamil, orang lanjut usia, dan orang-orang dengan system kekebalan tubuh yang lemah.

· Infeksi Listeria sangat dapat menyebabkan keguguran, persalinan premature, penyakit serius hingga kematian pada bayi baru lahir.

4. Telur dan Salmonella

Telur dapat mengandung kuman yang disebut Salmonella yang dapat membuat Anda menjadi sakit. Gunakan telur dan produk telur yang dipasok saat menyiapkan resep yang menggunakan telur mentah atau kurang matang. Sebagai tambahan:

· Hindari makanan yang mengandung telur mentah atau kurang matang, seperti saus salad Caesar buatan sendiri.

· Masak telur sampai kuning dan putih pegas.

· Masak makanan yang mengandung telur sampai matang.

· Jika ingin menyimpan telur, simpan telur pada suhu 40 derajat F atau lebih dingin.

· Jangan mencicipi atau makan adonan mentah.

5. Makanan Laut dan Kerang Mentah

Masak makanan laut hingga 145 derajat F dan panaskan makanan laut sisa hingga 165 derajat F. Untuk menghindari infeksi foodbrone, jangan makan ikan mentah atau kurang matang, kerang atau makanan yang mengandung makanan laut mentah atau kurang matang, seperti sashimi, beberapa sushi dan ceviche.

· Tiram dan kerang dapat mengandung virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit atau kematian.

· Tiram yang dipanen dari perairan yang terkontaminasi dapat mengandung norovirus.

· Untuk menghindari kercunan makanan, masaklah tiram dengan baik.

6. Kecambah

Kondisi hangat dan lembab yang dibutuhkan untuk menumbuhkan kecambah juga ideal bagi kuman untuk tumbuh. Makan kecambah mentah atau dimasak setengah matang dapat menyebabkan keracunan makanan dari Salmonella, E. colli atau Listeria. Kecambah harus dimasak secara menyeluruh untuk membunuh kuman berbahaya dan mengurangi kemungkinan keracunan makanan.

7. Tepung Mentah

Tepung biasanya merupakan produk pertanian yang belum diproses untuk membunuh kuman. Kuman berbahaya dapat mencemari biji-bijian saat masih di lapangan atau pada saat tepung diproduksi. Bakteri akan mati ketika Anda mengolahnya menjadi bahan makanan. Itu sebabnya Anda tidak boleh mencicipi adonan mentah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro