Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Awas, Overdosis Vitamin D Bisa Bikin Keracunan, Ini Tandanya

Kekurangan vitamin D bisa berbahaya pada tubuh, tapi kelebihan juga berbahaya dan bisa menyebabkan keracunan. Ini tanda-tanda Anda kelebihan vitamin D
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 19 Mei 2021  |  12:15 WIB
Ilustrasi vitamin D -
Ilustrasi vitamin D -

Bisnis.com, JAKARTA - Kekurangan vitamin D terjadi ketika pola makan seseorang kurang, atau karena tidak mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup.

Seringkali seseorang akan mengkompensasi kekurangan ini dengan melengkapinya lewat konsumsi vitamin atau suplemen.

Ini memang membantu dengan banyak masalah kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan vitamin D, namun kadang-kadang seseorang mengonsumsinya terlalu banyak menyebabkan keracunan vitamin D.

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan yang baik karena memainkan beberapa peran dalam menjaga sel-sel tubuh Anda tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya. Kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup vitamin D, jadi suplemen adalah hal biasa. Namun, mungkin juga vitamin ini menumpuk dan mencapai tingkat racun dalam tubuh Anda yang dikenal sebagai toksisitas vitamin D. Apa saja gejala keracunan vitamin D dan berapa dosis yang dianjurkan untuk menghindarinya?

Studi mencatat meskipun toksisitas vitamin D jarang terjadi, efek kesehatannya dapat menjadi serius jika tidak segera diidentifikasi.

“Kebingungan, apatis, muntah berulang, sakit perut, poliuria, polidipsia, dan dehidrasi adalah gejala klinis keracunan vitamin D yang paling sering dicatat. Pada individu yang sehat, keracunan vitamin D eksogen biasanya disebabkan oleh penggunaan vitamin D dosis tinggi dalam waktu lama (berbulan-bulan), tetapi tidak oleh paparan kulit yang terlalu tinggi terhadap matahari atau dengan makan makanan yang beragam. Gejala VDT mungkin mirip dengan keadaan hiperkalsemik lainnya dan termasuk manifestasi neuropsikiatri, seperti kesulitan dalam konsentrasi, kebingungan, apatis, mengantuk, depresi, psikosis, dan dalam kasus ekstrim, pingsan dan koma," papar hasil studi itu seperti dilansir dari Express.

Tanda-tanda lain Anda mengonsumsi terlalu banyak suplemen vitamin D meliputi:

1. Mual
2. Muntah
3. Sering buang air kecil
4. Kehilangan nafsu makan
5. Sering Haus
6. Dehidrasi
7. Sembelit
8. Kelemahan otot

Berapa dosis vitamin D harian yang direkomendasikan?

Kebanyakan orang membutuhkan sekitar 10mcg vitamin D sehari, termasuk wanita hamil dan menyusui.Setiap bayi yang berusia kurang dari satu tahun membutuhkan antara 8,5 dan 10mcg setiap hari.

Kadang-kadang dosis dapat dirujuk dalam Unit Internasional (IU). Setara dengan 10mcg di IU adalah 40IU.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suplemen kesehatan keracunan vitamin d
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top