Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bercak Putih hingga Benjolan di Lidah Jadi Petunjuk Kondisi Kesehatan Anda

Benjolan, bercak, dan bintik-bintik di mulut Anda bisa jadi tidak berbahaya. Tetapi terkadang, mereka dapat memberikan petunjuk tentang apa yang terjadi dengan kesehatan Anda secara keseluruhan.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 08 Juni 2021  |  11:06 WIB
Ilustrasi lidah
Ilustrasi lidah

Bisnis.com, JAKARTA – Pernahkah Anda bercermin dan menemukan lidah Anda memiliki bercak putih, atau mungkin terdapat benjolan?

Benjolan, bercak, dan bintik-bintik di mulut Anda bisa jadi tidak berbahaya. Tetapi terkadang, mereka dapat memberikan petunjuk tentang apa yang terjadi dengan kesehatan Anda secara keseluruhan.
 
Infeksi, stres, masalah pengobatan, dan bahkan penuaan dapat membuat tanda di lidah Anda. Cari tahu apa yang dikatakan lidah Anda dan kapan Anda harus menemui dokter atau dokter gigi seperti dilansir dari WebMD, Selasa (8/6/2021).

1. Bercak Putih

Bintik-bintik putih krem bisa jadi sariawan atau infeksi jamur. Ini sering terjadi setelah penyakit atau obat-obatan membuang keseimbangan bakteri di mulut Anda. Bercak putih yang terlihat berenda bisa jadi lichen planus, yang berarti sistem kekebalan Anda menyerang jaringan di mulut Anda. Jika Anda melihat area putih yang keras, rata, dan tidak dapat dihilangkan, itu bisa jadi leukoplakia, yang terkait dengan kanker. Segera beri tahu dokter gigi Anda tentang bercak putih yang Anda lihat.

2. "Rambut" di Lidah Anda

Jika lidah Anda memiliki lapisan yang terlihat seperti bulu hitam, coklat, atau putih, Anda mungkin memiliki lidah berbulu. "Rambut" itu adalah protein yang mengubah benjolan kecil yang normal menjadi untaian yang lebih panjang, tempat makanan dan bakteri terperangkap. Ini akan hilang ketika Anda menyikat atau mengikis lidah Anda. Jika Anda memiliki bercak putih berbulu yang tidak dapat dikikis, itu mungkin leukoplakia berbulu oral. Ini dapat terjadi pada orang yang terinfeksi virus seperti Epstein-Barr atau HIV.

3. Lidah Hitam

Lidah berbulu bisa berwarna hitam. Tapi lidah Anda juga bisa menjadi gelap setelah Anda minum antasid dengan bahan yang disebut bismut. Bagi sebagian orang, itu menodai lidah hitam ketika bercampur dengan air liur. Ini tidak berbahaya dan hilang begitu Anda berhenti minum obat.

4. Lidah Merah Cerah

Lidah berwarna merah stroberi bisa menjadi tanda awal penyakit Kawasaki, penyakit serius langka yang menyebabkan peradangan pada pembuluh darah di seluruh tubuh, yang paling sering menyerang anak-anak. Ini juga merupakan gejala demam berdarah. Jika lidah merah Anda juga licin dan Anda mengalami rasa sakit di mulut Anda, itu mungkin pertanda tubuh Anda tidak memiliki cukup vitamin B3.

5. Perasaan terbakar

Jika lidah Anda terasa seperti tersiram air panas dengan kopi panas dan terasa seperti logam atau pahit, Anda mungkin mengalami sindrom mulut terbakar. Ini mungkin ada masalah dengan saraf di lidah Anda. Beberapa masalah kesehatan, seperti mulut kering, infeksi, refluks asam, dan diabetes juga dapat menjadi penyebab. Bagi sebagian orang, makanan asam seperti nanas serta pasta gigi, obat kumur, permen, atau permen karet juga membuat mulut mereka terbakar.

6. Lidah halus

Lidah tanpa tonjolan kecil di bagian atas mungkin terlihat merah mengilap. Anda mungkin mendapatkannya jika Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi seperti zat besi, asam folat, atau vitamin B. Infeksi, penyakit celiac, atau beberapa obat juga dapat menyebabkannya. Bintik-bintik itu bisa datang dan pergi, dan terkadang terasa sakit atau terbakar. Ini tidak berbahaya, tetapi bisa dikaitkan dengan psoriasis atau lichen planus.

7. Benjolan

Di bawah lidah adalah tempat umum untuk sariawan; benjolan kecil, nyeri, kemerahan yang datang dan pergi dengan sendirinya. Benjolan tunggal yang menyakitkan di ujungnya bisa berupa papilitis lingual sementara, atau “benjolan kebohongan” yang bisa menyembul jika lidah Anda teriritasi. Virus juga dapat menyebabkan banyak benjolan kecil di ujung dan samping lidah. Jika Anda memiliki benjolan di atau di bawah lidah yang terasa sakit dan tidak kunjung hilang, beri tahu dokter atau dokter gigi Anda. Mereka akan memeriksa Anda untuk memastikan apakah itu kanker mulut atau bukan.

8. Rasa sakit

Lidah Anda memiliki banyak ujung saraf, sehingga sangat menyakitkan jika Anda menggigit atau melukainya. Sariawan dan lichen planus dapat menyebabkan rasa sakit. Beberapa obat dan infeksi juga dapat membuat lidah Anda sakit. Terkadang rasa sakit di lidah Anda bisa menjadi tanda kanker, terutama jika Anda juga memiliki benjolan atau bercak merah atau putih. Segera diskusikan masalah itu ke dokter atau dokter gigi Anda.

9. Makroglosia

Saat lidah Anda terlalu besar dibandingkan dengan bagian mulut lainnya, ini bisa memakan banyak ruang sehingga dokter Anda mungkin menemukan jejak gigi Anda di sisinya. Dokter Anda akan mencoba mencari tahu dan mengobati kondisi yang mendasarinya, yang mungkin antara lain hipotiroidisme, infeksi, atau alergi.

10. Lidah pecah-pecah

Alur yang dalam dapat terbentuk di lidah seiring bertambahnya usia. Mereka juga terkait dengan sindrom Down, psoriasis, dan sindrom Sjögren. Mereka tidak berbahaya, tetapi Anda harus menyikat lidah dengan lembut untuk membersihkan makanan dan bakteri. Alur pada lidah mungkin menjadi lebih baik ketika dokter Anda merawat kondisi yang menyebabkannya, jika ada.

11. Tanda-tanda Kanker Mulut

Banyak bintik, benjolan, dan warna pada lidah Anda tidak berbahaya. Tetapi ada baiknya untuk mengetahui tanda-tanda yang mungkin mengarah pada kanker: Luka yang tidak kunjung sembuh, benjolan, nyeri lidah, dan kesulitan mengunyah atau menelan. Jika gejala ini berlangsung lebih dari 2 minggu, temui dokter atau dokter gigi Anda.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan lidah lidah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top