Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makna di Balik Nama 11 Cicit Ratu Elizabeth

Selain berita kelahiran para cicit kerajaan, makna di balik nama masing-masing juga turut menjadi perhatian banyak orang.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 09 Juni 2021  |  18:45 WIB
Pangeran Harry dan Meghan Markle memperkenalkan putra pertama mereka bernama Archie Harrison ke publik. - Reuters
Pangeran Harry dan Meghan Markle memperkenalkan putra pertama mereka bernama Archie Harrison ke publik. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Kelahiran Lilibet Diana Mountbatten Windsor, anak kedua Pangeran Harry dan Meghan Markle pada 4 Juni 2021, menambah daftar cicit dari Ratu Elizabeth ini.

Selain berita kelahiran para cicit kerajaan, makna di balik nama masing-masing juga turut menjadi perhatian banyak orang.
 
Melansir People, Rabu (9/6/2021) berikut 11 makna di balik nama masing-masing cicit Ratu Elizabeth.
 
1. Lilibet Diana Mountbatten Windsor
 
Lahir pada: 4 Juni 2021
 
Anak kedua Pangeran Harry dan Meghan Markle berisi penghormatan manis untuk para wanita kuat yang datang di hadapannya. Lilibet Diana diambil dari nenek pangeran Harry, Ratu Elizabeth dan ibunya, Putri Diana.
 
Elizabeth adalah nama dalam Alkitab yang berarti “Tuhan adalah sumpahku” dalam bahasa Ibrani. Lilibet mengacu pada nama panggilan Ratu Elizabeth dalam keluarga. Nama ini juga memiliki arti yang sentimental untuk Meghan, kembali ke julukan masa kecil yang diberikan kepada Meghan oleh ibunya Doria.
 
Nama tengahnya menghormati Putri Diana, ibu Harry yang meninggal dalam kecelakaan mobil tahun 1997 di Paris. Lilibet Diana berbagi nama tengahnya dengan sepupunya Charlotte, yang nama ketiganya adalah Diana.
 
2. Lucas Philip Tindall
 
Lahir pada: 21 Maret 2021
 
Lucas merupakan anak ketiga dari Zara Phillips dan Mike Tindall yang juga cucu kelima Putri Anne. Lucas tidak berbagi nama depan dengan bangsawan lainnya.
 
Nama Lucas berarti “membawa cahaya”. Nama tengahnya, Phillip, diyakini sebagai penghormatan untuk mendiang kakek Zara, Pangeran Phillip dan ayah Mike.
 
3. August Phillip Hawke Brooksbank
 
Lahir pada: 9 Februari 2021
 
August merupakan putra pertama Putri Eugenie dan suaminya Jack Brooksbank serta cucu pertama Pangeran Andrew dan Sarah, Duchess of York.
 
Nama August memiliki banyak arti. Setelah kelahirannya, Putri Eugenie menceritakan bahwa putranya "dinamai sesuai nama kakek buyutnya dan kedua kakek buyutnya."
 
August adalah nama Kristen Pangeran Albert, dan Phillip adalah sebutan untuk suami tercinta Ratu Elizabeth dan mendiang kakek Eugenie. Hawke adalah nama keluarga di pihak Jack Brooksbank.
 
4. Archie Harrison Mountbatten Windsor
 
Lahir pada: 6 Mei 2019
 
Anak pertama dari Duke dan Duchess of Sussex, Pangeran Harry dan Meghan Markle ini tidak mengikuti tradisi kerajaan ketika mereka menamai putra sulung mereka dengan nama yang tidak ada dalam radar siapapun.
 
Meskipun hanya Archie, namanya merupakan kependekan dari nama Jerman Archibald, yang berarti “asli dan berani”.
 
Pasangan ini menjelaskan sedikit lebih banyak tentang bagaimana mereka memilih nama Archie ketika mereka meluncurkan Yayasan Archewell mereka.
 
“Muncul ide ‘arche’ yang dalam bahasa Yunani berarti ‘sumber tindakan’,” kata pasangan itu.
 
“Kami terhubung dengan konsep ini untuk organisasi amal yang kami harapkan untuk dibangun suatu hari nanti dan itu menjadi inspirasi untuk nama putra kami. Untuk melakukan sesuatu yang berarti, untuk melakukan sesuatu yang penting.”
 
Nama tengahnya berasal dari abad pertengahan dan berarti “putra Henry” atau “putra Harry”.
 
Nama keluarganya, Mountbatten Windsor, adalah salah satu yang digunakan oleh keturunan Ratu Elizabeth II dan Pangeran Phillip.
 
5. Lena Elizabeth Tindall
 
Lahir pada: 18 Juni 2018
 
Lena adalah putri kedua dari Zara Phillips dan Mike Tindall. Kakek-nenek Lena adalah Putri Anne dan Mark Phillips. Nama Lena, seperti saudaranya Lucas, berarti "cahaya" dalam bahasa Yunani. Ini juga terhubung secara longgar ke kerajaan lain: Putri Helena, anak kelima Ratu Victoria.

Nama tengahnya, Elizabeth, adalah penghargaan untuk Ratu Elizabeth. Lena berbagi nama tengah dengan ibunya, sepupu kedua Zara, Charlotte, Putri Beatrice, dan Putri Anne.
 
6. Louis Arthur Charles
 
Lahir pada: 23 April 2018
 
Louis, anak ketiga dari Pangeran William dan Kate Middleton, diberi nama yang dibagikan dengan banyak pria lain di keluarganya. Nama depannya ditemukan dalam nama lengkap ayah William dan saudara George. Louis adalah versi Prancis dari nama Ludwig, yang berarti "pejuang terkenal."

Nama keduanya, Arthur, dibagikan dengan ayahnya, Pangeran William, dan kakeknya, Pangeran Charles (yang, tentu saja, juga berbagi nama dengan nama ketiga Louis). Nama Arthur adalah yang sangat kuat: Raja Arthur yang legendaris membentuk Meja Bundar di Inggris abad keenam.
 
7. Charlotte Elizabeth Diana
 
Lahir pada: 2 Mei 2015
 
Anak kedua dari Pangeran William dan Kate Middleton,  juga memiliki nama yang penuh dengan makna.

Nama depannya adalah Charles versi perempuan, kakeknya, dan nama tengah bibinya Pippa Middleton. Dalam bahasa Prancis, Charlotte berarti "bebas."

Nama tengahnya, Elizabeth, adalah penghargaan untuk nenek buyutnya, Elizabeth, dan ibunya, Ibu Ratu, yang memiliki nama yang sama. Nama ketiganya memberikan penghormatan kepada mendiang neneknya, ibu William, Putri Diana.
 
8. Mia Grace Tindall
 
Lahir pada: 17 Januari 2014
 
Mia adalah anak pertama dari Zara Phillips dan Mike Tindall, dan kakek-nenek Mia adalah Putri Anne dan Mark Phillips. Tindall pergi dengan nama yang tidak ditemukan dalam keluarga untuk anak sulung mereka. Mia berasal dari bahasa Mesir yang berarti "dicintai" dan Italia yang berarti "milikku." Asal usul Latin dari nama tengahnya, Grace, memiliki arti  "pesona."
 
9. George Alexander  Louis
 
Lahir pada: 22 Juli 2013
 
Putra pertama dari Pasangan Duke dan Duchess of Cambridge, Pangeran William dan Kate Middleton, mengambil George dari ayah nenek buyutnya, Raja George VI. George adalah nama yang berasal dari bahasa Yunani untuk "petani."

Nama keduanya, Alexander, merujuk pada nama tengah Ratu Elizabeth, Alexandra. Alexander adalah nama Yunani untuk "pembela rakyat."

Nama ketiganya, Louis, diturunkan dari ayahnya, William, yang nama keempatnya juga Louis, setelah paman buyutnya, Lord Louis Mountbatten.
 
10. Isla Elizabeth Phillips
 
Lahir pada: 29 Maret 2012
 
Isla merupakan putri kedua Peter Phillips dan Autumn Kelly serta cucu kedua Putri Anne dan Mark Phillips. Nama depan Isla unik untuk keluarga kerajaan. Ini diambil dari bahasa Skotlandia untuk "pulau." Nama tengahnya, tentu saja, merujuk kepada nenek buyutnya Ratu Elizabeth.
 
11. Savannah Anne Phillips
 
Lahir pada: 19 Desember 2010
 
Savannah adalah putri pertama Peter Phillips dan Autumn Kelly. Savannah Phillips adalah anak tertua dari cicit Ratu Elizabeth. Kakek-neneknya adalah Putri Anne dan Mark Phillips.

Nama depan Savannah unik untuk keluarga kerajaan, tetapi nama tengahnya adalah penghormatan bagi neneknya Putri Anne. Dia juga berbagi nama itu dengan bibinya, Zara Phillips.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ratu elizabeth kerajaan inggris
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top