Stroberi/greenwells.com
Health

Ini Buah yang Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes

 Jessica Gabriela Soehandoko
Jumat, 11 Juni 2021 - 15:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Makanan buah memang memberikan nutrisi bagi tubuh yakni vitamin dan mineral yang penting. Namun terdapat beberapa jenis buah tertentu yang membuat kadar gula anda dapat melonjak.

Dalam diabetes tipe dua, pankreas tidak mampu menghasilkan cukup insulin untuk kadar gula darah biasa, yakni jenis gula utama yang biasanya ditemukan di dalam tubuh. Sedangkan, kadar gula darah yang cenderung tidak terkontrol dapat memiliki efek dalam merusak tubuh.

Oleh karena itu, butuh beberapa penanganan atau cara alternatif untuk memperbaiki kondisi anda, terutama jika anda menderita diabetes tipe dua.

Dilansir dari Express, Terdapat beberapa buah yang memiliki Indeks glikemik yang cukup tinggi. Indeks ini merupakan sistem penilaian yang melihat dari kandungan karbohidratnya, dan secerapa cepat makanan tersebut dapat mempengaruhi kadar gula darah atau glukosa.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengonsumsi dalam buah yakni lebih baik jika dikonsumsi dalam porsi yang sedang. Hal ini untuk menghindari terlalu banyak karbohidrat yang anda konsumsi melalui buah. Anda juga perlu meminimalisir atau menghindari buah-buahan dengan indeks glikemik yang tinggi seperti semangka, labu, nanas, jus buah, dan buah kering.

Melihat dari informasi tersebut, maka bukan berarti kita seluruhnya tidak akan mengonsumsi buah. CuraLife menyatakan bahwa buah memiliki kandungan fruktosa yakni gula alami, vitamin, fitokimia, dan berbagai nutrisi lainnya yang dapat dikonsumsi sebagai camilan atau makanan penutup yang bermanfaat.

Dokter umum dan spesialis diabetes, Dr Sarah Brewer, juga menyarankan untuk memasukan buah dalam pola makan nabati, yakni rendah serat, dan dengan indeks glikemik yang rendah seperti kacang-kacangan, buah dan sayuran, dan biji-bijian. Suplemen diabetes dengan ramuan obat tradisional juga sangat direkomendasikan.

Untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali, kamu juga dapat rutin berolahraga. Olahraga memanfaatkan cadangan gula yang disimpan di otot dan hati anda, yang tubuh anda butuhkan ketika telah menggunakan energi dari cadangan tersebut.

Berikut adalah buah-buahan dengan indeks glikemik yang rendah, yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

1.Blackberry
2.Jeruk
3.Stroberi
4.Alpukat
5.Ceri asam
6.Plum
7.Jeruk bali
8.Buah pir
9.Apel
10.Nektarin
11.Persik
12.Pisang
13.Bluberi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro