Vaksin Sinovac/ugm.ac
Health

Kenali Efek Samping Vaksin Virus Corona Sinovac 

Meuthia Novianthree Nafasya
Senin, 14 Juni 2021 - 14:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vaksin virus corona Sinovac memiliki efek samping yang mungkin akan terjadi pada penerima vaksinasi sama seperti vaksin lainnya. 

Sinovac merupakan vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh Sinovac Biotech, sebuah perusahaan farmasi di Beijing, China. Perusahaan ini berfokus pada pengembangan dan pembuatan vaksin untuk penyakit menular. 

Dilansir dari Medical News Today, Senin (14/6/2021) vaksin ini direkomendasikan untuk yang berusia 18 tahun ke atas. Menurut data pada percobaan yang dilakukan Brasil Sinovac memiliki tingkat kemanjuran 50,4% untuk mencegah infeksi simtomatik. Sedangkan menurut studi di Chilli vaksin ini memiliki efektivitas sekitar 67%. 

Sinovac telah tervalidasi oleh World Health Organization (WHO) sebagai Emergency Use Listing (UEL) atau daftar penggunaan darurat pada 1 Juni 2021. 

Masih melansir medicalnewstoday.com, berikut efek samping yang perlu Anda ketahui mengenai Vaksin Sinovac: 

Efek Samping Umum 

Efek samping yang paling umum terjadi dilaporkan dalam 28 hari setelah dosis kedua yakni merasa nyeri di lengan yang disuntik. Hal ini juga sangat umum terjadi pada pemberian vaksin yang lainnya. 

Efek samping lainnya yang mungkin akan terjadi yakni kelelahan, diare, dan nyeri otot. Sebagian besar efek ini hanya berlangsung selama dua hari. Penerima vaksin Sinovac juga kemungkinan akan mengalami demam namun terbilang jarang dibandingkan dengan vaksin lainnya. 

Siapa yang Dapat Menerima Vaksin? 

WHO merekomendasikan vaksin Sinovac diberikan kepada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu atau pada mereka yang pernah menderita Covid-19. 

Selanjutnya, WHO menyatakan untuk sementara vaksin Sinovac belum cukup diuji pada orang hamil. Namun, tetap diingat bahwa manfaat vaksinasi lebih besar daripada potensi risikonya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro