Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

13 Makanan untuk Melindungi dan Menjaga Mata

Telur dan ubi jalar dan ubi jalar ungu bisa membantu meningkatkan penglihatan bagi orang-orang yang ingin meningkatkan kesehatan mata.
Yuliana Hema
Yuliana Hema - Bisnis.com 22 Juni 2021  |  17:01 WIB
13 Makanan untuk Melindungi dan Menjaga Mata
Telur - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Mata adalah organ sensorik terpenting yang membantu Anda mengalami dan mengembangkan indera dan perasaan tanpa sentuhan. 

Selain itu, memiliki penglihatan merupakan sebuah anugerah yang luar biasa karena itu penting bagi Anda untuk melindungi kedua mata Anda. 

Banyak faktor yang dapat memengaruhi penurunan penglihatan Anda termasuk usia, genetika, dan elektronik tetapi Anda bisa mengonsumsi makanan untuk membantu mencegah kerusakan mata Anda. 

Melansir dari Stylecraze, berikut 13 bahan makanan alami yang mampu untuk melindungi dan menjaga kesehatan penglihatan Anda. 

1. Wortel 

Para peneliti menemukan mengkonsumsi wortel meningkatkan penglihatan malam pada orang dan dapat mencegah kerusakan penglihatan, Wortel juga membantu mencegah kerusakan oksidatif dan peradangan yaitu dua penyebab utama masalah penglihatan. 

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak merupakan sumber yang kaya akan asam lemak omega-3. Area dekat retina sarat dengan DHA, sejenis asam lemak omega-3. Oleh karena itu, mengkonsumsi ikan seperti salmon, tuna, dan makarel bermanfaat untuk kesehatan mata Anda.

3. Bayam

Bayam kaya akan vitamin E, A, B, dan C, mineral seperti zat besi dan zinc, dan fitonutrien seperti lutein dan zeaxanthin. Bayam juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang bermanfaat untuk membantu mencegah degenerasi makula dan katarak. 

4. Telur

Telur sarat dengan asam amino esensial dan vitamin yang larut dalam air dan larut dalam lemak. Kuning telur, meskipun sedikit tinggi kolesterol, merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang baik. Konsumsilah satu atau dua butir telur utuh untuk menjaga kesehatan mata Anda.

5. Susu

Susu dan yogurt mengandung kalsium, fosfor, zinc dan vitamin A. Dimana vitamin A dapat membantu melindungi kornea. Sementara zinc membantu mengangkut vitamin A ke mata dari hati. 

6. Kacang

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang yang kaya vitamin E dapat membantu mencegah pembentukan katarak terkait usia. Anda harus mengonsumsi segenggam kacang campuran setiap hari untuk membantu meningkatkan dan melindungi penglihatan And

7. Kale 

Kale kaya akan vitamin, mineral, serat makanan, dan lutein. Lutein membantu mencegah kerusakan ringan dan oksidatif dan melindungi mata dari degenerasi makula terkait usia dan katarak.  

8. Gandum dan Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh termasuk gandum merupakan sumber serat makanan, fitonutrien, vitamin, dan mineral. Zinc dan vitamin E adalah dua nutrisi utama yang meningkatkan kesehatan mata.

9. Paprika Merah

Paprika merah adalah sumber vitamin A, E, dan C yang baik serta zeaxanthin dan lutein. Vitamin dan fitonutrien ini dikenal untuk melindungi mata dari degenerasi makula dan dapat  kesehatan retina dengan mencegah kerusakan oksidatif. 

10. Brokoli 

Vitamin A, E, C, dan lutein yang ada dalam brokoli menjadikannya makanan yang sangat baik untuk mata Anda. Ini membantu melindungi kesehatan visual Anda dengan mencegah photodamage dan kerusakan oksidatif.

11. Biji Bunga Matahari 

Biji bunga matahari kaya dengan vitamin E, protein, dan lemak sehat. Nutrisi ini membantu mengurangi peradangan dan membuang sisa metabolisme dari mata 

12. Jeruk

Buah jeruk memiliki kandungan antioksidan yang membantu menangkal radikal oksigen berbahaya, sehingga melindungi otot mata Anda dari kerusakan. Selain itu, vitamin C juga membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah yang ada di mata.

13. Ubi-ubian

Ubi jalar dan ubi jalar ungu membantu meningkatkan penglihatan. Ubi jalar mengandung antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dan membuang racun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips sehat mata
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top